Cikarang, Jamkesnews – Hadirnya BPJS Kesehatan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bekasi di wilayah Cikarang Utara membuat Wulan (25) semakin mudah untuk mengakses pelayanan BPJS Kesehatan. Hal tersebut dimanfaatkan dirinya untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Wulan yang kini bertempat tinggal di Cikarang Utara merasa sangat terbantu karena ia tidak perlu pergi terlalu jauh ke kantor BPJS Kesehatan yang terletak di Cikarang Selatan.

“Sebenarnya saya sudah dari lama ingin mendaftar sebagai peserta JKN-KIS, namun belum sempat karena kendala waktu dan jarak antara rumah dan kantor BPJS Kesehatan yang lumayan jauh. Alhamdulillah kini BPJS Kesehatan telah hadir di MPP Kabupaten Bekasi, hal tersebut tentu memudahkan masyarakat di sekitar wilayah Cikarang Utara seperti saya yang ingin mendapatkan pelayanan BPJS Kesehatan. Saya merasa sangat terbantu sekali karena saya tidak perlu terlalu jauh untuk pergi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat yang terletak di wilayah Cikarang Selatan,” ungkap Wulan, Selasa (23/11).

Wulan mengatakan bahwa alur proses pelayanan mulai dari pengambilan nomor antrean hingga selesai proses pendaftaran di loket BPJS Kesehatan tidaklah sulit. Masyarakat cukup mengambil nomor antrean di loket administrasi MPP Kabupaten Bekasi yang telah disediakan. Kemudian menunggu beberapa saat dan nomor antrean akan dipanggil untuk dilayani oleh petugas BPJS Kesehatan. Menurut Wulan, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelayanan tidaklah lama, tidak sampai sepuluh menit dirinya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS.

“Kehadiran BPJS Kesehatan di MPP Kabupaten Bekasi segera saya manfaatkan untuk mendaftarkan diri kedalam Program JKN-KIS. Pertama saya diarahkan untuk mengambil nomor antrean di loket administrasi, kemudian tak menunggu begitu lama nomor antrean saya dipanggil untuk dilayani oleh petugas dari BPJS Kesehatan. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelayanan tidaklah lama, tidak sampai sepuluh menit saya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Saya berharap dengan hadirnya BPJS Kesehatan di MPP Kabupaten Bekasi dapat dimanfaatkan oleh warga sekitar lainnya untuk mendapatkan pelayanan dari BPJS Kesehatan,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan Publik di Kabupaten Bekasi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Cahyo Kumolo bersama Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Pelaksana Tugas Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki meresmikan Mall Pelayanan Publik Kabupaten Bekasi pada 17 November 2021. BPJS Kesehatan merupakan salah satu instansi yang memberikan pelayanan di MPP Kabupaten Bekasi. Pelayanan yang dapat dilakukan di MPP Kabupaten Bekasi antara lain Pendaftaran Peserta Baru bagi Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta Perubahan Data bagi PBPU dan PNS. (RD/an)