Cikarang, Jamkesnews – Menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membuat Sadi (30) merasa bersyukur karena dirinya bisa terbebas untuk membayar jasa pelayanan kesehatan saat membutuhkannya. Sadi mengungkapkan bahwa dirinya telah terdaftar kedalam program tersebut selama lebih dari lima tahun sebagai peserta PBPU kelas 3, selama itu pula ia selalu rutin dalam membayar iuran tiap bulannya.

“Awal mulanya saya sedikit ragu untuk mendaftarkan diri kedalam Program JKN-KIS, karena saya sempat mendengar berita negatif terkait pelayanan kesehatan yang diberikan kepada peserta JKN. Kini saya merasa sangat bersyukur karena telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, karena saya tidak perlu memikirkan biaya pelayanan kesehatan ketika saya membutuhkannya. Saya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) kelas 3 sudah lima tahun lebih lamanya, selama itu pula saya selalu rutin dalam membayar iuran tiap bulannya,” kenang Sadi, Senin (22/11).

Sadi mengungkapkan dirinya pernah menggunakan kartu kepesertaan JKN-KIS miliknya saat membutuhkan pelayanan kesehatan di rumah sakit. Beberapa tahun lalu, Sadi pernah mengalami demam dan harus mendapatkan pelayanan rawat inap di rumah sakit. Sadi mengakui selama dirawat di rumah sakit ia mendapatkan pelayanan yang baik dari tenaga kesehatan dan tidak mengeluarkan biaya pribadi sedikitpun. Hal tersebut semakin menguatkan pandangan Sadi bahwa berita yang sebelumnya ia dengar ternyata tidak benar adanya.

“Saya pernah menggunakan kartu JKN-KIS milik saya untuk mendapatkaan pelayanan kesehatan. Beberapa tahun lalu saya pernah mendapatkan pelayanan kesehatan dan harus dirawat inap di rumah sakit karena mengalami demam yang sangat tinggi. Selama di rumah sakit, saya mendapatkan pelayanan yang baik dari tenaga kesehatan di sana, dan tentunya saya tidak mengeluarkan biaya pribadi sedikitpun. Hal itu menguatkan pandangan saya bahwa berita sebelumnya yang saya dengar tentang JKN-KIS tidak benar,” ungkapnya.

Sadi berharap kedepannya BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh lapisan masyarakat. Ia juga berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah terpengaruh berita-berita negatif terkait pelayanan bagi peserta JKN-KIS. Tak lupa ia mengajak masyarakat yang belum terdaftar kedalam Program JKN-KIS agar dapat segera mendaftarkan diri beserta keluarga, karena banyak sekali manfaat dari Program JKN-KIS yang dapat dirasakan bagi seluruh masyarakat. (RD/an)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI