Sampit, Jamkesnews – Pardio (30) adalah Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), Pardio merupakan karyawan disalah satu perusahaan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Saat ditemui pada Jum’at (19/11) Pardio yang sedang mendampingi istrinya melakukan perawatan di RSUD dr. Murjani Sampit menyampaikan bahwa ia dan keluarga yang berjumlah tiga jiwa telah terdaftar ke dalam program JKN-KIS sejak tahun 2016. Sejak terdaftar, sudah banyak merasakan manfaat yang dia dapatkan mulai dari pengobatan dirinya, anak pertama sampai dengan yang terakhir ini untuk pengobatan istri yang sedang hamil anak kedua.

“Istri saya ini menurut tenaga medis di faskes tingkat pertamanya mengalami hamil di luar kandungan dengan usia kandungannya dua bulan. Tiba-tiba malam jumat mual-mual sakit perut dan lemas terus saya bawa ke faskes tingkat pertama untuk mendapatkan pelayanan, setelah dilakukan observasi kemudian dokter memutuskan untuk merujuk istri saya,” ungkap Pardio.

Pardio mengungkapkan selama menjalani merawatan baik itu di tingkat pertama maupun pada saat di rumah sakit dr. Murjani Sampit semua berjalan dengan lancar dan pelayanan yang diberikan juga sangat luar biasa.

“Pelayanan sangat ramah dan semua dijamin oleh program JKN-KIS BPJS Kesehatan dan juga tidak ada iur biaya yang dikeluarkan itu yang sangat luar biasa Sebagai karyawan saya sangat merasa terbantu,” ucap Pardio.

Pardio berharap program JKN-KIS BPJS Kesehatan bisa terus berjalan, karena sangat membantu para karyawan seperti dirinya, dirinya tidak mempermasalahkan bahwa gajinya dipotong 1% setiap bulan, karena dapat menjamin kesehatan dirinya dan semua anggota keluarganya. Gotong royong program JKN-KIS BPJS Kesehatan sangat dirasakan oleh Pardio, dirinya juga mengungkapkan Jika tidak ada program JKN-KIS, Pardio tidak bisa membayangkan berapa biaya yang harus dia keluarkan untuk pengobatan istrinya tersebut.

Dengan rasa syukur serta usaha dan doa yang dia lakukan, pengobatan yang dijalankan kini kondisi istrinya telah stabil dan juga telah sehat dan sedang menjalani rawat jalan di rumah sakit. (KA/tr)