Balikpapan, Jamkesnews – Saat ini masyarakat Indonesia sudah banyak memanfaatkan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Dalam pelaksanaan Program JKN-KIS tentunya perlu didukung oleh pemerintah daerah. Beberapa bulan yang lalu, Pemerintah Kota Balikpapan memberikan bantuan kepada warganya berupa penjaminan kesehatan gratis bagi warganya yang terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS di kelas 3.

Hal tersebut disambut baik oleh salah satu warga Kota Balikpapan, Nor Amanah. Ia merupakan salah satu warga Kota Balikpapan yang merasakan bantuan tersebut. Ia menyampaikan bahwa dirinya sangat terbantu dengan adanya bantuan ini. Selain tidak perlu memikirkan lagi ketika biaya berobat, dirinya juga sudah tidak perlu lagi memikirkan iurannya. 

“Saya merasa sangat terbantu dan bersyukur dengan adanya bantuan dari Pemerintah Kota Balikpapan ini. Sebelumnya saya selalu takut untuk berobat, takut biayanya besar. Tapi sekarang alhamdulillah, dengan adanya bantuan ini saya bisa berobat ke rumah sakit,” kata Nor Amanah.

Beberapa waktu yang lalu ia mendapatkan perawatan untuk tindakan operasi pengangkatan benjolan ditangannya. Untuk pelayanan di rumah sakit, ia merasakan sangat baik, baik dari dokternya, perawatnya dan lain-lainnya. Ia juga merasa tidak dibeda-bedakan dari segi pelayanannya. Selama di rumah sakit, ia hanya perlu memperlihatkan kartu BPJS Kesehatan ia dan alhamdulillah ia tidak membayar sepeserpun biaya pengobatannya.

Saat ini dirinya tinggal bersama anaknya yang masih duduk di bangku sekolah untuk membiayai kehidupan sehari-hari, dirinya hanya mengandalkan penghasilan yang tidak tentu dari hasil bantu-bantu tetangganya. Maka dari itu, dirinya sangat berharap bantuan ini dapat dirasakan selalu olehnya.

“Saya berharap bantuan ini bisa terus ada dan bisa bermanfaat bagi saya dan juga keluarga. Adanya kartu ini membantu saya jadi tidak takut lagi untuk berobat. Saya juga harus kontrol terus ke rumah sakit karena harus dicek lagi untuk bekas operasinya. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan yang telah memberikan bantuan BPJS Kesehatan gratis ini,” tutup Nor Amanah. (KA/yo)