Parepare, Jamkesnews – Marliana (39) adalah salah seorang pegawai Negeri Sipil yang telah merasakan manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pada Rabu, (17/11), Marliana yang terdaftar pada segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU), menceritakan pengalamannya saat memeriksakan kandungan dan melahirkan anak ketiganya di fasilitas kesehatan.

“Pada saat itu, saya menggunakan kartu JKN-KIS saat memeriksakan kandungan dan melahirkan anak ketiga di rumah sakit. Mulai dari pemeriksaan kandungan sampai dengan tiba waktunya saya melahirkan anak ketiga, kami bersyukur semuanya berjalan dengan lancar. Selama proses itu, Puskesmas dan rumah sakit pun, memberikan pelayanan yang sangat baik dan kami juga tidak dibebani lagi biaya tambahan yang harus dibayarkan,” cerita Marliana.

Marliana juga menuturkan bahwa selain saat memeriksakan kandungan dan proses persalinan, Marliana juga telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS ketika memeriksakan kesehatan anaknya di Puskesmas.

“Pernah suatu ketika anak saya mengeluhkan sakit gigi dan saya kemudian membawanya periksa ke Puskesmas yang tidak jauh dari tempat tinggal kami. Kami bersyukur pada saat itu karena bisa cepat diperiksa dan dilayani dengan sangat baik, sehingga anak saya bisa cepat pulih dan tidak mengeluhkan sakit lagi,” tutur Marliana.

Di akhir perbincangan, Marliana mengungkapkan kalau keluarganya saat ini mengedepankan pola hidup sehat sehingga untuk memeriksakan kesehatan di fasilitas kesehatan sangat jarang dilakukannya.

“Kami bersyukur senantiasa diberi kesehatan bersama keluarga. Salah satu yang menjadi tips hidup sehat kami yaitu dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta rutin mengonsumsi vitamin, madu dan perbanyak meminum air putih. Aktivitas ini rutin diterapkan di keluarga kami, sebagai bentuk upaya kami agar selalu sehat, apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan dan pandemi Covid-19 juga belum berakhir. Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan,” harap Marliana.