Cikarang, Jamkesnews – Dalam pelaksanaannya, program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak memberikan manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat. Nyai (44) merupakan salah seorang peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang telah beberapa kali merasakan manfaat dari program tersebut. Nyai mengatakan pernah menggunakan kartu JKN-KIS miliknya ketika akan melahirkan anak ketujuh dan kedelapannya.

“Saya beserta suami dan kedelapan anak saya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Saya pernah merasakan manfaat dari program tersebut ketika melahirkan anak ketujuh dan kedelapan saya. Saat itu disampaikan informasi bahwa saya harus melahirkan secara caesar sehingga saya harus dirawat inap di rumah sakit. Alhamdulillah ketika di periksa kembali saya dapat melahirkan secara normal,” ungkap Nyai kepada tim Jamkesnews, Jum’at (12/11).

Wanita yang saat ini tinggal di Desa Sukajaya tersebut mengakui tidak merasa khawatir ketika sakit, karena di sekitar tempat tinggalnya telah banyak Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sehingga memberikan kemudahan bagi dirinya ketika ingin mengakses pelayanan kesehatan. Nyai menambahkan bahwa Program JKN-KIS merupakan jaminan kesehatan yang harus dimiliki tiap orang, karena dapat memberikan jaminan dari segi biaya ketika seseorang sakit.

“Saat ini saya tidak merasa khawatir ketika saya sakit, karena di sekitar daerah tempat tinggal saya sudah banyak klinik dan rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Jadi jika sewaktu-waktu sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan saya cukup ke klinik terdekat dari rumah saya. Program JKN-KIS merupakan program jaminan kesehatan yang harus dimiliki tiap orang, karena dengan telah terdaftar sebagai peserta maka dapat memberikan jaminan dari segi biaya ketika seseorang sakit,” ungkapnya.

Di akhir perbincangan, Nyai mengapresiasi Program JKN-KIS, menurutnya program tersebut telah banyak membantu masyarakat untuk dapat mengakses pelayanan kesehatan ketika sakit. Nyai berharap BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh masyarakat kedepannya. Ia juga berharap seluruh masyarakat Indonesia dapat mendaftarkan diri beserta seluruh anggota keluarganya kedalam Program JKN-KIS. (RD/an)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI