Sorong, Jamkesnews – Manfaat JKN-KIS sangat dirasakan masyarakat. Itulah kalimat pertama yang diucapkan Ihsan Saputra (25) saat berbincang dengan tim Jamkesnews. Ia yang berprofesi sebagai dokter muda di Puskesmas Hamadi menyaksikan sendiri manfaat yang dirasakan masyarakat melalui Program JKN-KIS.

“Kebetulan saya sedang menjalani co-assistant di Jayapura, tetapi domisili saya di Sorong. Dari pengalaman saya, hampir seluruh pasien yang menjalani perawatan dan pengobatan merupakan peserta JKN-KIS. Seluruhnya merasakan manfaat dan pelayanannya dengan baik, tentunya semua berdasarkan prosedur yang berlaku,” kata Ihsan, Rabu (17/11).

Sebagai pihak tenaga kesehatan, Ihsan mengaku turut bangga menjadi bagian dari pelaksanaan Program JKN-KIS karena dirinya diberikan kesempatan melayani peserta JKN-KIS yang sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan tidak membeda-bedakan pelayanan.

“Bagi saya Program JKN-KIS ini sangat membantu masyarakat, tak hanya soal biaya juga sebagai jaminan kesehatan yang bisa diandalkan. Selain sebagai tenaga medis, saya dan keluarga juga merupakan peserta JKN-KIS yang turut merasakan pentingnya Program JKN-KIS,” tambahnya sembari menunjukkan foto dirinya menggunakan aplikasi Mobile JKN.

Ia menceritakan orang tuanya juga telah merasakan manfaat JKN-KIS sebagai peserta untuk berobat ke fasilitas kesehatan dan mendapatkan pelayanan yang baik. Hal tersebut juga sejalan dengan komitmennya sebagai tenaga kesehatan yaitu memberikan pelayanan kesehatan yang optimal.

“Orang tua saya juga memanfaatkan pelayanan dari Program JKN-KIS, melalui rawat jalan rutin. Alhamdulillah selama ini pelayanannya memuaskan. Jaminan kesehatan itu penting untuk seluruh masyarakat bahkan untuk tenaga kesehatan seperti saya tetap butuh. Kita tidak tahu kapan dan dalam kondisi apa nanti sakitnya, kalaupun nantinya tidak akan digunakan, bisa dijadikan amal ibadah membantu yang sakit,” ujarnya.

Terakhir, Ihsan berharap ke depannya kehadiran Program JKN-KIS semakin dirasakan masyarakat secara meluas, sehingga masyarakat akan semakin peduli terhadap pentingnya menjadi peserta JKN-KIS. Ia juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari sakit, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. (TR/ws)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI