Cikarang, Jamkesnews – Memasuki tahun kesembilan penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), telah banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Salah satunya adalah Endar Raziq (30), seorang tenaga harian lepas di salah satu dinas di Pemerintahan Kabupaten Bekasi. Endar mengaku telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KISS miliknya untuk mengakses pelayanan kesehatan. Yang terbaru, ketika bulan lalu ia gunakan setelah mengalami gatal-gatal pada kulitnya akibat alergi.

“Saya telah terdaftar sebagai peserta Pekerja BUkan Penerima Iuran (PBPU) kelas 3 sejak lama dan telah beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Bulan lalu saya gunakan kembali untuk mengecek kesehatan kulit saya. Saat itu saya mengalami alergi kulit yang menyebabkan kulit saya terasa gatal. Tak pikir panjang, saya lalu memeriksakan kondisi saya ke klinik tempat saya terdaftar, tentunya menggunakan kartu JKN-KIS milik saya,” ujarnya kepada tim Jamkesnews, Jum’at (12/11).

Pria asal Cibitung ini mengatakan bahwa jaminan kesehatan adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh semua pekerja, terutama bagi mereka yang dituntut harus bekerja di lapangan seperti dirinya. Menurutnya menjadi seorang pekerja lapangan lebih rentan terkena penyakit sehingga akan banyak mengeluarkan biaya pengobatan jika tidak memiliki jaminan kesehatan. Ia menambahkan Program JKN-KIS merupakan salah satu jaminan kesehatan yang wajib dimiliki oleh tiap orang.

“Jaminan kesehatan harus dimiliki oleh semua pekerja, terutama bagi pekerja lapangan seperti saya. Menjadi pekerja lapangan akan lebih rentan terkena penyakit, terlebih pada saat ini ketika pagi turun hujan dan siangnya panas yang tentu hal tersebut akan mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita. Akan sangat disayangkan jika seseorang telah jatuh sakit dan tidak memiliki jaminan kesehatan. Menurut saya menjadi peserta JKN-KIS adalah suatu hal yang wajib dimiliki oleh tiap orang,” tutur Endar.

Di akhir perbincangan Endar mengapresiasi BPJS Kesehatan selaku Badan yang mengelola Program JKN-KIS. Menurutnya saat ini pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sudah baik. Ia berharap BPJS Kesehatan dapat terus memberikan pelayanan yang baik bagi seluruh masyarakat. Tak lupa Endar mengingatkan kepada masyarakat yang belum memiliki JKN-KIS untuk segera mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS agar masalah kesehatan tidak menjadi beban mereka dikemudian hari. (RD/an)