Kabupetan Bima, Jamkesnews - Di masa pandemi seperti saat ini, sangat penting bagi seluruh masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan rutin berolahraga, namun hal tersebut belum cukup apabila tidak memiliki jaminan kesehata. Oleh karena itu sangat penting setiap orang mempunyai jaminan kesehatan untuk memproteksi diri agar terhindar dari segala risiko ketika terjatuh sakit.

Begitu juga yang dirasakajn oleh Umrah (24), warga Desa Raba Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima menyadari bahwa tidak harus menunggu sakit baru mendaftarkan diri menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Saat ditemui tim Jamkesnews di kediamannya, Umrah menyampaikan bahwa dirinya berinisiatif sendiri untuk mendaftarkan dirinya menjadi peserta melalui aplikasi Mobile JKN.

“Saya mendapatkan informasi terkait Mobile JKN di internet. Pada aplikasi Mobile JKN, kita dapat mendaftarakan diri menjadi peserta JKN-KIS tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Setelah saya mencoba untuk mengunduh aplikasinya kemudian menyiapkan berkas seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK), setelah itu saya mengikuti langkah selanjutnya, tidak kurang dari 20 menit, saya telah mendapatkan nomor Virtual Account (VA) untuk pembayaran iuran pertama,” jelas Umrah.

Umrah merupakan anak pertama dari tiga bersaudara, di mana orang tua Umrah adalah seorang pengusaha jual beli jagung di Kabupaten Bima. Dengan kesibukan kedua orang tuanya, Umrah berinisiatif sendiri untuk mendaftarkan orang tua dan adiknya menjadi peserta JKN-KIS.

“Orang tua saya sibuk dengan urusannya dan adik-adik saya belum terpikir untuk hal seperti ini, makanya saya  mendaftarkan orang tua saya langsung. Setelah saya daftarkan, barulah saya sampaikan kepada orang tua dan setelah saya jelaskan, Alhamdulillah orang tua saya merespon dengan sangat baik, malah mereka terharu dan berterima kasih atas inisiatif saya ini,” papar Umrah.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat yang belum mendaftarkan dirinya ke dalam Program JKN-KIS, untuk segera mendaftarkan diri beserta anggota keluarga.

“Sakit bisa datang kapan saja, belum lagi biaya kesehatan semakin lama pasti akan semakin mahal, untuk itu saya mengajak masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan diri tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan, cukup melalui aplikasi Mobile JKN, mudah dan cepat,” tutup Umrah (dh/sy)