Sumedang, Jamkesnews – Aplikasi Mobile JKN terus dikembangkan oleh BPJS Kesehatan untuk memberikan kemudahan bagi peserta untuk mengakses pelayanan kesehatan. Dengan berbagai fitur yang dihadirkan dalam aplikasi Mobile JKN, telah banyak peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang merasa dimudahkan dalam memenuhi kebutuhannya di masa pandemi seperti saat ini. Seperti yang dirasakan oleh Nendah Dariyah (37).

Nendah yang saat ini terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) itu mengungkapkan bahwa dirinya merasa dimudahkan dengan Mobile JKN saat dirinya melakukan skrining kesehatan. Tidak perlu datang ke Puskesmas atau Klinik, hanya dengan mengoperasikan aplikasi yang sudah dipasang digawainya itu, dirinya sudah bisa melakukan skrining kesehatan.

“Saya adalah salah satu peserta JKN-KIS sejak lama, banyak manfaat yang saya rasakan menjadi peserta JKN-KIS, tetapi yang paling menarik bagi saya adalah layanan dari aplikasi Mobile JKN,” ujar Nendah kepada tim Jamkesnews, Rabu (13/10).

Lebih lanjut, Nendah menceritakan pengalamannya saat ia merasakan kemudahan dalam mengakses layanan pada aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, aplikasi Mobile JKN menjadi penyelamatnya saat ia membutuhkan layanan JKN-KIS pada fasilitas kesehatan, apalagi BPJS Kesehatan luncurkan Care Center lebih mudah diingat cukup 165 itulah Care Center BPJS Kesehatan.

“Yang paling saya suka pada aplikasi Mobile JKN adalah fitur KIS digital, juga skrining dengan adanya KIS Digital, skrining kesehatan kita mudah terkontrol, kita bisa mudah membawa kartu ke mana saja tanpa takut hilang atau lupa tidak membawa kartu saat akan mengakses layanan JKN-KIS. Saya mempunyai pengalaman menggunakan aplikasi Mobile JKN untuk berobat, saat itu saya lupa membawa kartu, tetapi allhamdulillah berkat fitur KIS Digital dalam aplikasi Mobile JKN ini, saya bisa langsung dilayani,” tambah Nendah.

Bukan hanya itu, Nendah juga mengapresiasi pelayanan yang diberikan fasilitas kesehatan terhadap dirinya sebagai peserta JKN-KIS. Hanya dengan menunjukan kartu kepesertaan JKN-KISnya itu, ia langsung bisa mendapatan pelayanan secara optimal dan baik oleh petugas kesehatan.

Di akhir perbincangan, Nendah mengungkapkan harapannya untuk aplikasi Mobile JKN. Ia berharap agar fitur pada aplikasi Mobile JKN lebih banyak lagi dan semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari Program JKN-KIS. (BS/A)