Selong, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus mengembangkan inovasinya untuk memberikan kemudahan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam mengakses layanan kesehatan. Sudah banyak peserta yang merasa sangat terbantu sejak kehadiran layanan digital BPJS Kesehatan, dimulai dari aplikasi Mobile JKN, Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interractive JKN (VIKA) hingga BPJS Kesehatan Care Center 165. Salah satunya yaitu Angga.

Angga yang saat ini terdaftar sebagai salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) mengaku merasakan kemudahan dalam mendapatkan layanan JKN – KIS melalui aplikasi Mobile JKN. Saat ditemui tim Jamkesnews, Angga menceritakan pengalamannya kepada tim Jamkesnews.

“Saya adalah salah satu peserta JKN-KIS, saya merasa sangat beruntung karena bisa menjadi bagian dari Program JKN-KIS. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah aplikasi Mobile JKN karena memberikan kemudahan kepada saya dalam mengakses layanan JKN-KIS,” ujar Angga.

Lebih lanjut, Angga menceritakan bahwa beberapa bulan lalu saat itu ia merasakan demam tinggi dan lemas. Akhirnya ia dibawa ke salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar. Namun, karena panik, membuat dirinya lupa membawa kartu JKN-KISnya itu. Tetapi, Angga bersyukur saat itu dirinya telah mengunduh aplikasi Mobile JKN sehingga hanya menggunakan KIS digital, ia bisa langsung dilayani.

“Beberapa bulan lalu saya sempat dibawa ke klinik kesehatan di mana tempat saya terdaftar, karena berangkatnya terburu-buru, saya lupa mengecek Kartu di dompet saya, beruntung saat itu saya telah mengunduh aplikasi Mobile JKN sehingga saya bisa menggunakan KIS Digital untuk berobat,” ujar Angga.

Selain menggunakan fitur KIS Digital dalam aplikasi Mobile JKN, Angga merasakan kemudahan lainnya dalam fitur aplikasi Mobile JKN, fitur kemudahan lainnya yang dirasakan Angga adalah fitur ubah fasilitas kesehatan, pasalnya Angga yang akan merantau karena berangkat kuliah bisa mengubah FKTP terdekat dengan tempatnya belajar tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Kemudahan lainnya yang saya rasakan dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN adalah bisa merubah fasilitas kesehatan agar dekat dengan tempat tinggal saya, tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan,” tutup Angga. (dh/ay)