Denpasar, Jamkesnews – Sudah bukan rahasia lagi jika memiliki jaminan kesehatan termasuk kebutuhan utama di zaman yang semakin modern ini apalagi di tengah pandemi yang masih melanda Indonesia. Memberikan jaminan kesehatan kepada anggota keluarga adalah salah satu bentuk perhatian yang sangat diperlukan. Seperti yang dilakukan Ida Ayu Frischa Mahayani (31) dengan mendaftarkan orangtuanya menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Frischa yang sehari-harinya bekerja sebagai wartawan di salah satu Lembaga Penyiaran di Kota Denpasar itu telah didaftaran perusahaan menjadi peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) kelas 2. Frischa juga tidak lupa mendaftarkan orangtuanya sebagai peserta JKN-KIS. Frischa meyakini dengan mendaftarkan orang tua menjadi peserta JKN-KIS akan dapat meringankan beban nya jika suatu saat nanti orang tuanya sakit dan memerlukan penanganan medis.

“Iurannya tidak mahal dan kepesertaannya dapat disesuaikan dengan keadaan, namun manfaat yang saya rasakan dengan adanya program JKN-KIS ini tidak main-main dan sangat besar,” ujar Frischa, Selasa (12/10).

Frischa bercerita jika ibunya sudah lama mengidap autoimun yang mengharuskannya rutin menjalani kontrol ke Puskesmas sebulan sekali untuk mendapatkan obat. Gejala awal yang dialami sang ibu adalah kelelahan, nyeri otot disertai demam selama beberapa hari. Kemudian sang ibu berobat ke dokter dan dokter mendiagnosa jika ibunya terkena auto imun.

Penyakit autoimun merupakan penyakit yang terjadi di mana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel yang sehat dalam tubuh, sedangkan sistem kekebalan tubuh seharusnya berfungsi melindungi tubuh untuk melawan penyakit dan sel jahat, seperti bakteri maupun virus.

“Ibu saya juga sempat menjalani rawat inap selama beberapa hari di rumah sakit, semuanya gratis karena dijamin penuh BPJS Kesehatan, tidak ada masalah saat administrasi dan pelayanannya juga memuaskan,” ungkap Frischa.

Frsicha berharap orangtuanya akan selalu diberikan kesehatan dan ia juga mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Program JKN-KIS karena manfaatnya telah ia rasakan langsung. Frischa berharap agar masyarakat akan semakin peduli dengan pentingnya memiliki jaminan kesehatan dan Program JKN-KIS ini akan terus jaya selamanya. (dh/ek)