Jakarta Selatan, Jamkesnews – Aplikasi Mobile JKN yang diluncurkan BPJS Kesehatan pada awal tahun 2016 silam sudah banyak memberikan kemudahan kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), khususnya untuk mengakses pelayanan administrasi kepesertaan. Beragam fitur-fitur yang semula hanya bisa diakses di kantor BPJS Kesehatan, kini sudah dapat diakses oleh peserta lewat aplikasi Mobile JKN yang sudah terpasang di smartphone peserta.

Tidak hanya sebatas pelayanan administrasi kepesertaan, aplikasi Mobile JKN juga telah menghadirkan fitur konsultasi dengan dokter Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Hal itu diungkapkan oleh Tri Achmad Jamalulail (24) pemuda asal Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. Jamal, panggilan akrabnya ini mengatakan bahwa dirinya lebih sering menggunakan aplikasi Mobile JKN dibandingkan harus datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengakses layanan.

“Semenjak tahu aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan ini, jujur saya sudah mulai terbiasa mengakses pelayanan secara mandiri. Selain penggunaannya yang mudah, dengan aplikasi ini kita bisa hemat waktu dan biaya, terus sekarang juga sudah ada fitur konsultasi dokter secara online chat yang sangat membantu dan cocok di masa pandemi seperti sekarang, terutama bagi peserta yang sudah lanjut usia dan rentan terpapar penyakit kalau harus langsung ke FKTP,” ucap Jamal Senin (11/10).

Sebagai pengguna Mobile JKN yang sudah memanfaatkan fitur konsultasi dokter, Jamal dengan senang hati menjelaskan proses pengaplikasian fitur tersebut. Dirinya menjelaskan setelah masuk halaman awal peserta langsung dapat memilih menu konsultasi dokter, setelah itu memilih dokter FKTP yang tersedia, kemudian memulai chat dengan menyampaikan keluhan serta dapat mencantumkan riwayat alergi yang dimiliki oleh peserta kepada dokter FKTP.

“Dua minggu lalu saya merasa kurang enak badan dan konsultasi pakai fitur itu, respon dari dokter yang melayani terbilang cukup cepat, meski hanya melalui chat penjelasan dari dokter terasa sama saja dengan jika bertemu secara langsung, bahkan lebih memudahkan kita kalau-kalau lupa penjelasan dokter, kita masih bisa baca kembali riwayat konsultasinya yang tercatat diaplikasi Mobile JKN. Aplikasi besutan BPJS Kesehatan ini menurut saya sangat memudahkan peserta dengan beragam fiturnya, apalagi kalau lagi mager untuk keluar rumah tapi butuh pelayanan, aplikasi Mobile JKN bisa jadi solusinya,” imbuh Jamal. (DT/dv)