Parepare, Jamkesnews – Suriyanti (29) adalah peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS. Sering menemani ibunya untuk memeriksakan kesehatan, membuatnya paham bahwa menjadi peserta JKN-KIS sangat baik dan bermanfaat. Juhena (71) adalah ibu dari Suriyanti yang rutin Suriyanti dampingi saat memeriksakan kesehatan di Puskesmas maupun rumah sakit.

“Ibu saya ada riwayat penyakit diabetes dan penyakit batu empedu sehingga kami saat ini terus menjaga pola hidup sehat orang tua saya. Setiap bulan rutin harus memeriksakan kesehatan. Kemarin juga ada keluhan gatal pada tangannya, sehingga saya temani ke dokter kulit,” cerita Suriyanti.

Kepada tim Jamkesnews, Suriyanti juga menyampaikan bahwa selama ini ibunya memeriksakan kesehatan di Puskesmas menggunakan kartu JKN-KIS dan saat ibunya menjalani rawat inap di rumah sakit, pelayanan yang didapatkannya sangat baik dan tidak ada biaya tambahan yang dibayarkan.

“Pelayanan yang diberikan kepada kami sangat baik dan kami juga tidak mengeluarkan biaya apa pun. Saya benar-benar bersyukur, karena ibu saya juga bisa cepat pulih dan sehat kembali,” ungkap Suriyanti.

Selain rutin mendampingi ibunya, ia bercerita bahwa dirinya sendiri juga sudah pernah menggunakan manfaat dari Program JKN-KIS, saat dirinya menjalani operasi pengangkatan tumor.

“Saya juga sudah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS. Saat itu saya periksakan ke dokter di Puskesmas, kemudian dirujuk dan menjalani operasi pengangkatan tumor di rumah sakit. Selama empat hari di rumah sakit, pelayanan yang diberikan oleh dokter maupun perawat sangat bagus dan penjelasan yang disampaikan oleh dokter juga dipaparkan sangat jelas. Saya bersyukur bisa cepat pulih kembali dan beraktivitas seperti biasa," ucap Suriyanti.