Luwuk, Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah memberikan banyak dampak positif bagi masyakarat luas. Tidak sedikit masyarakat yang sangat antusias sejak hadirnya Program JKN-KIS, salah satunya adalah Yudhi Septian (24). Yudhi adalah Peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

Yudhi paham betul akan pentingnya memiliki jaminan Kesehatan bagi dirinya dan keluarganya. Dia mengaku dengan adanya jaminan kesehatan yang di galang oleh pemerintah bersama BPJS Kesehatan masyarakat bisa memperoleh layanan kesehatan tanpa harus mengeluarkan biaya apapun saat menjalani perawatan.

“Bagi saya menjadi peserta JKN-KIS adalah hal yang penting, karena tidak selamanya kita akan sehat terus, ada waktunya penyakit akan datang. Untuk itulah kita membutuhkan jaminan kesehatan sejak dini,” ungkap Yudhi.

Yudhi mnceritakan, beberapa kali JKN-KIS memudahkan dan membantu dirinya dan keluarga seperti saat dirinya mengalami patah tulang dan saat istrinya melahirkan. Semua biayanya dijamin oleh program JKN-KIS.

“Beberapa waktu lalu saya mengalami patah tulang karena ada insiden di rumah. Dari awal pemeriksaan di klinik sampai dirujuk ke rumah sakit serta diberikan obat dan terapi itu semua saya tidak bayar sedikit pun. Pelayanannya juga memuaskan“, tutur Yudhi.

Tidak hanya sampai disitu, Yudhi juga menyampaikan bagaimana orang tuanya yang saat ini rutin kontrol ke fasilitas kesehatan yang ada karena penyakit yang dialami. Dia juga bersyukur tidak harus membayar biaya setiap kali kontrol ke dokter.

“Saat ini ibu saya juga rutin kontrol ke dokter karena sakit, jadi harus kontrol terus dan ambil obat kalau obatnya sudah habis. Semuanya ditanggung oleh JKN-KIS,“ jelas Yudhi.

Di akhir pembicaraan, Yudhi mengajak semua masyarakat untuk menjadi peserta JKN-KIS, karena menurutnya JKN-KIS sangat membantu dan apa yang dikeluarkan untuk membayar iuran tidak sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh dari program ini. (as/pw)