Amola, Jamkesnews - Usia boleh tua, namun semangat untuk hidup sehat tetap harus tinggi. Seperti lansia satu ini, Bernadus (81) yang tinggal di Desa Amola, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar. Di usianya tersebut, kondisi badannya masih bugar dan kuat melakukan aktivitas seperti berkebun dan bertani.

Saat menjalani vaksinasi Covid-19 di Kantor Desa Amola, peserta JKN-KIS dengan status Penerima Bantuan Iuran ini menceritakan bahwa baru saja dirinya menggunakan kartu JKN-KIS untuk pengobatan matanya yang sakit katarak.

“Saya mengalami sedikit gangguan penglihatan. Rasanya sangat tidak nyaman saat beraktivitas, maka kemarin saya melakukan pemeriksaan awal di Puskesmas Binuang,” ungkap Bernadus.

Setelah menjalani pemeriksaan di Puskesmas, ia disarankan oleh dokter agar melanjutkan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit.

“Dokter di rumah sakit menyatakan bahwa penglihatan saya kabur karena katarak. Dengan kartu JKN-KIS, saya bersedia dan saat itu dilakukanlah operasi, jadi dirawat beberapa hari di rumah sakit,” tuturnya.

Bernadus sangat berterima kasih atas pelayanan yang didapatkan mulai dari Puskesmas yang dengan cepat memberikan rujukan ke rumah sakit. Selain itu, ia juga sangat bersyukur karena selama menjalani perawatan tidak mengeluarkan biaya sepeser pun. semuanya telah ditanggung oleh BPJS Kesehatan melalui Program JKN-KIS.

“Sebagai peserta JKN-KIS, saya merasa sangat senang, karena selama pelayanan tidak mengalami hambatan baik dari segi administrasi maupun dalam hal ketersediaan tempat tidur. Inilah bantuan pemerintah yang sangat bernilai harganya dan sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup masyarakat. Apalagi kami sebagai warga yang penghasilannya pas-pasan sebagai petani. Saya dapat beraktivitas lagi di kebun dan sawah karena penglihatan sudah membaik,” tutur Bernadus.