Ruteng, Jamkesnews – Merlin Elvina (33) merupakan salah satu peserta JKN-KIS yang meyakini bahwa kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan jutaan manfaat bagi peserta. Sejak pertama kali dirinya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, ia mengaku telah beberapa kali merasakan manfaat dari keberadaan program yang diselenggarakan BPJS Kesehatan itu.

“Saya sudah 2 kali menggunakan JKN-KIS saat persalinan. Tahun 2015 ketika anak pertama saya lahir dan pada tahun 2019 kembai saya melahirkan anak kedua. Saya sangat berterima kasih kepada BPJS Kesehatan karena seomua biaya saat persalinan dijamin penuh,” ungkap Merlin.

Merlin yang saat ini bekerja di yayasan pendidikan yang berada di Kabupaten Manggarai juga mengakui bahwa dirinya tengah mengidap penyakit tyroid dan vertigo. Ia mengungkapkan bahwa Program JKN-KIS juga membantu dirinya untuk rutin mengobati penyakitnya itu setiap bulannya baik di Puskesmas tempatnya terdaftar hingga di rumah sakit.

“Setiap bulan saya hampir selalu berobat untuk mengecek kondisi penyakit saya, bahkan tidak heran saya juga terkadang masuk UGD jika vertigo saya menyerang yang menyebabkan sakit kepala yang tidak tertahankan. Saya tidak pernah ditolak, selalu diterima dan dilayani dengan baik oleh tenaga kesehatan,” tutur Merlin.

Tidak lupa, Merlin juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada yayasan tempatnya bekerja karena selama masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun lamanya, yayasan tetap menanggung iurannya setiap bulan.

“Iuran tetap dibayarkan pihak yayasan tempat saya bekerja, hal ini sangat membantu di tengah masa-masa sulit seperti saat ini,” ujarnya sambil tersenyum.

Merlin juga tak ingin ketinggalan untuk mengunduh aplikasi Mobile JKN yang diluncurkan BPJS Kesehatan, karena baginya aplikasi ini sangat membantu di tengan situasi pandemi seperti saat ini.  

“Dengan adanya aplikasi Mobile JKN,, saya rasa akan sangat membantu saya kedepannya untuk mengecek kepesertaan saya dan keluarga, termasuk terdapat KIS digital yang akan membantu jika sewaktu-waktu lupa membawa kartu saat berobat,” imbuhnya kepada tim Jamkesenews.

Merlin pun menyampaikan harapannya akan keberlangsungan Program JKN-KIS, karena baginya program ini sangat membantu masyarakat khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah. Ia berharap agar Program JKN-KIS ini tetap berjalan dengan baik karena sudah banyak penduduk yang tertolong berkat Program JKN-KIS. (dh/al).