Berbagai manfaat bisa didapatkan dengan tidur malam yang cukup, namun sejumlah besar orang tidak mendapatkan tidur yang cukup. Tidak mendapatkan jam tidur yang direkomendasikan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, tidur di bawah 7 jam dikaitkan dengan gangguan sistem kekebalan, penurunan kinerja kognitif, dan peningkatan risiko kecelakaan.

Menerapkan pola tidur yang teratur dan kebiasaan tidur yang sehat dikenal sebagai sleep hygiene (pola tidur bersih). Metode pola tidur bersih merupakan kebiasaan tidur yang lebih sehat dan berkualitas, dengan pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, serta menghindari makan besar, kafein, dan alkohol sebelum tidur, menghindari nikotin dan segala macam gangguan yang dapat membuat tidur tidak nyenyak.

Berikut ini ada beberapa aplikasi yang dapat membantu dalam menerapkan pola tidur bersih seperti yang dilansir dari medicalnewstoday.com:

1. Relax Melodies

Relax Melodies dirancang untuk membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Jika Anda mengalami kesulitan untuk bersantai hingga tidur nyenyak, maka ini adalah aplikasi untuk Anda.

Anda dapat membuat mix suara Anda sendiri dengan memilih beberapa suara dan melodi yang dapat membuat Anda relax dan tidur dengan nyenyak.  Selain membuat mix sendiri, melodi yang dibagikan oleh komunitas Relax Melodies dapat diakses untuk menemukan kombinasi suara baru.

Aplikasi ini dapat diunduh di App Store mau pun di PlayStore.

2. Sleep Cycle

Sleep Cycle dapat melacak dan menganalisis pola tidur Anda. Pilih waktu bangun Anda, dan aplikasi akan dengan lembut membangunkan Anda dari tidur pada fase tidur paling ringan (light sleep) untuk memastikan agar Anda bangun dengan perasaan segar. Sleep Cycle menyebut fitur ini sebagai “Smart Alarm Clock”, dan fitur ini menggunakan sensor ponsel Anda untuk memprediksi periode tidur paling ringan Anda selama 30 menit dalam waktu bangun yang telah ditentukan sebelumnya. Alarm Anda akan berbunyi selama siklus tidur paling ringan agar Anda dapat bangun lebih mudah dan mengurangi rasa kelelahan dan pening saat bangun tidur.

Dasbor Statistik menampilkan grafik dan analisis fase tidur Anda, dan dasbor Trends merinci persentase kualitas tidur dan waktu tidur dan bangun Anda, dan bahkan dapat mendeteksi, melacak, dan mengukur dengkuran.

Aplikasi ini dapat diunduh di App Store mau pun di PlayStore.

3. Sleep Time

Sleep Time menggunakan algoritma untuk menganalisis tidur dan memberikan wawasan komprehensif tentang pola tidur Anda. Aplikasi ini memantau pergerakan Anda sepanjang malam dan menghasilkan data khusus dari siklus tidur Anda dalam grafik dan bagan yang mudah dibaca.

Serupa dengan Sleep Cycle, aplikasi ini memiliki "Alarm Cerdas" yang akan membangunkan Anda pada saat yang tepat dari fase tidur paling ringan (light sleep) agar Anda dapat merasa segar ketika bangun, karena ketika Anda bangun selama periode tidur nyenyak, tubuh Anda membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk bangun sepenuhnya, dan dapat membuat Anda merasa lelah.

Soundscapes – aplikasi ini memiliki suara atau alunan yang dapat membantu Anda tidur seperti suara ombak lembut atau suara hujan – yang menyimulasikan lingkungan alam untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk tertidur dengan cepat. Terdapat juga dasbor Insights yang memberikan laporan lengkap tentang tidur Anda sehingga Anda dapat menemukan pola dan tren dalam variabel yang memengaruhi tidur Anda.

Aplikasi ini dapat diunduh di App Store mau pun di PlayStore.

4. Reflectly

Reflectly adalah jurnal digital yang memberikan petunjuk terpandu untuk membantu Anda menghilangkan stres, merenungkan hari Anda, dan mengidentifikasi peristiwa pemicu stres yang terjadi.  Reflectly dapat digunakan untuk membantu Anda mempraktikkan pola tidur bersih yang lebih baik. Menulis jurnal sebelum tidur mungkin menjadi bagian dari rutinitas pola tidur bersih yang dapat membantu Anda rileks. Proses penjurnalan dapat membantu Anda dalam melepaskan pikiran dan perasaan yang mengganggu kemampuan Anda untuk tidur nyenyak.

Aplikasi ini dapat diunduh di App Store mau pun di PlayStore.

 

Sumber:

https://www.sleepfoundation.org/

https://www.medicalnewstoday.com/