Kediri, Jamkesnews - Yeni Ratnawati (26) bekerja sebagai petugas administrasi Klinik Samudra Husada Kusuma Kediri sejak tahun 2017. Senyumnya yang ramah selalu dilayangkan kepada pasien yang datang dengan harapan memunculkan perasaan nyaman. Sebagai pekerja di fasilitas kesehatan, Ia sadar bahwa sikapnya merefleksikan kesan terhadap keseluruhan layanan klinik.

“dr. Endang selaku pemilik Klinik menekankan agar semua SDM bersikap ramah. Semua karyawan wajib 3S (Senyum, Sapa, dan Salam) saat berhadapan dengan pasien. Kami juga dituntut informatif, termasuk menjelaskan hal-hal terkait layanan JKN-KIS,” jelas Yeni.

Data Klinik Samudra Husada menunjukkan pasien yang berkunjung sangat didominasi oleh peserta JKN. Dari rata-rata 50 kunjungan per-hari, bisa dikatakan hanya 1 atau 2 diantaranya yang merupakan pasien umum (non-JKN). Kondisi ini menjadi latar belakang pentingnya pengetahuan karyawan terhadap dasar-dasar layanan JKN-KIS.

“Pastinya kami sangat berhubungan dengan JKN-KIS karena 98% pasien adalah peserta. Tidak jarang kami memandu pasien untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN. Kami jelaskan bahwa ada beberapa fitur menarik yang sebetulnya bisa dimanfaatkan oleh pasien, diantaranya antrean berobat dan konsultasi kesehatan,” terang Yeni.

Sejak awal tahun 2020 lalu Klinik Samudra Husada telah mengimplementasikan sistem antrean online besutan BPJS Kesehatan. Sistem antrean ini terintegrasi dengan Mobile JKN sehingga peserta dapat mendaftarkan diri untuk berobat melalui aplikasi. Agar dapat dimanfaatkan secara optimal, Yeni beserta rekan-rekannya terus menyosialisasikan penggunaan Mobile JKN.

“Kepada pasien yang berkunjung kami sampaikan agar kedepannya bisa menggunakan menu Konsultasi Dokter untuk menghindari layanan tatap muka. Bilapun keperluannya tetap berobat secara tatap muka, bisa memanfaatkan fitur antrean online agar tidak terlalu lama di ruang tunggu. dr. Endang (pemilik klinik) sangat berkomitmen memberikan layanan kesehatan yang aman bagi masyarakat,” tutup Yeni.

Untuk diketahui, Klinik Samudra Husada Kusuma merupakan fasilitas kesehatan yang berkonsep one stop service di Kediri. Tak hanya dokter gigi dan apotek, klinik yang bermitra dengan BPJS Kesehatan ini juga dilengkapi dengan layanan laboratorium sederhana. Hal ini ditujukan agar pasien yang datang dapat dilayani secara tuntas dalam sekali kunjungan. (ar/sw)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI