Denpasar, Jamkesnews – Sehat adalah modal utama untuk dapat menjalani aktivitas, begitulah hal yang selalu diyakini Ni Made Emy Endrayani (25) atau yang akrab disapa Emy. Emy yang kesehariannya bekerja sebagai apoteker ini sudahtidak perlu khawatir lagi karena dirinya telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Kembali mengingat ke belakang, Emy merasa sangat terbantu dengan adanya Program JKN-KIS. Hal ini bukanlah tanpa alasan, lantaran sang ibunda yang sempat mengidap batu ginjal mendapatkan penanganan medis hingga sembuh tanpa dikenakan biaya.

“Awalnya ibu saya sempat sakit, namun setelah diperiksa ternyata ibu saya terkena batu ginjal dan diharuskan mendapatkan penanganan intensif di rumah sakit,” kenang Emy

Emy bercerita, saat di rumah sakit, ibunya menjalani operasi pengangkatan batu ginjal dan menjalani rawat inap untuk proses penyembuhan. Ia mengaku selama di rumah sakit, pelayanannya sangat baik dan tidak mendapatkan kendala yang berarti.

Penyakit batu ginjal atau nefrolitiasis bukanlah penyakit yang dapat diabaikan begitu saja, penyakit ini disebabkan oleh adanya pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal dan batu ginjal dapat terjadi di sepanjang saluran urine.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya Program JKN-KIS, hal ini terasa sangat membantu bagi saya,” ujar Emy.

Kini wanita 25 tahun ini dapat bernapas lega karena sang ibu telah kembali sehat seperti sedia kala dan dapat beraktivitas normal seperti biasanya.

“Sekarang jika sakit, pikiran jadi lebih tenang karena tidak perlu memikirkan biaya lagi dan apabila mengalami sakit, tanpa erpikir panjang, setiap orang dapat berobat ke fasilitas kesehatan hanya bermodalkan JKN-KIS,” imbuhnya kepada tim Jamkesnews.

Emi berharap pemerintah selalu membantu dan memperhatikan kesehatan masyarakat khususnya masyarakat yang kurang mampu. Emy sangat menyakini bahwa dengan adanya Program JKN-KIS dari pemerintah, akan sangat membantu masyarakat di saat kondisi ekonomi seperti sekarang ini.

“Terima kasih saya ucapkan kepada pemerintah yang selalu ada untuk rakyatnya melalui Program JKN-KIS,” tutup Emy. (dh/ek)

 

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI