Palu, Jamkesnews – Novela Safitri (27) adalah seorang karyawan di salah satu perusahaan swasta di Kota Palu yang juga merupakan istri dari seorang anggota Kepolisian. Sebagai pekerja di perusahaan dan juga ibu dari dua orang anak, tentunya Novela memiliki kesibukan yang luar biasa. Hal tersebut membuatnya harus lebih sadar akan perkembangan teknologi. Memanfaatkan aplikasi digital seperti Mobile JKN dapat memudahkan dirinya untuk melakukan pelayanan administrasi yang dia butuhkan tanpa harus datang ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Saya menggunakan Mobile JKN sejak tahun 2020 setelah dilakukan sosialisasi terkait Program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di tempat saya bekerja. Ternyata, sangat membantu sekali, saya melakukan pindah dokter keluarga hanya dari aplikasi Mobile JKN,” cerita Novela.

Selain itu, Novela paham betul bahwa dirinya harus didaftarkan oleh perusahaannya sebagai peserta JKN-KIS sebagaimana ketentuan yang berlaku sekalipun suaminya sebagai anggota kepolisian juga dapat menanggungnya.

Sebagaimana diatur dalam Pasal 14 ayat (1) dan (2) Perpres 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yaitu dalam hal pasangan suami istri yang masing-masing merupakan pekerja maka keduanya wajib di daftarkan sebagai peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) oleh masing-masing pemberi kerja dan membayar iuran. Suami, istri dan anak berhak memilih kelas perawatan yang tertinggi.

Novela mengaku, bahwa dia dan keluarganya sudah sangat sering memanfaatkan Program JKN-KIS dan semuanya tanpa kendala.

“Saya sudah dua kali bersalin di Rumah Sakit Bhayangkara dan suami juga pernah operasi katarak pada mata kirinya di Rumah Sakit Bala Keselamatan sekitar  3 tahun yang lalu. Tahun ini juga direncanakan untuk operasi katarak lagi untuk mata sebelah kanannya. Sangat terbantu sekali dengan adanya program JKN-KIS BPJS Kesehatan,” ungkap Novela.

Menutup pembicaraan, Novela menyampaikan sejauh ini layanan administrasi melalui Mobile JKN yang selalu dia manfaatkan sangat bagus dan layanan kesehatan di fasilitas kesehatan pun tidak ada kendala. Novela sangat berterima kasih kepada pemerintah yang terus melakukan terbosan-terobosan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. (tm/nh)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI