Banyuwangi, Jamkesnews. Keberhasilan Program JJaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak terlepas dari peran serta pemangku kepentingan dan fasilitas Kesehatan. Sebagai amanah Undang-Undang, program JKN-KIS harus terus berjalan dan akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi Yos Hermawan menjelaskan, bahwa menjadi peserta JKN-KIS itu banyak sekali manfaat yang diterima.Selain itu, saling bergotong royong menjadi nilai lebih bagi program tersebut.

“Program JKN-KIS ini sangat baik karena amanah undang-undang dan semua penduduk Indonesia harus ikut serta dalam program JKN-KIS ini,” ujar Ketua TMKB BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi.

Lebih lanjut, Yos mengungkapkan bahwa dengan adanya program JKN-KIS, perlindungan Kesehatan bagi semua warga negara Indonesia bisa terlindungi dan meringankan beban mereka yang sangat membutuhkan pelayanan kesehatan. Selain menjabat sebagai ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya BPJS Kesehatan Cabang Banyuwangi, Yos juga bertugas menjadi dokter umum di fasilitas Kesehatan. Yos bercerita, bahwa ia selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien baik peserta JKN-KIS maupun umum di fasilitas Kesehatan dan tidak pernah membeda-bedakan peserta.

“Negara hadir dengan program JKN-KIS ini agar Kesehatan masyarakatnya bisa terlindungi. Kebetulan, saya juga bekerja di dua tempat fasilitas Kesehatan. Di tempat tersebut tidak ada yang membeda-bedakan, baik dari obat maupun pelayanannya,” jelasnya

Yos melanjutkan, bahwa setiap peserta memiliki hak yang sama dan sifat diskriminasi itu harus dihilangkan. Hal itu dilakukan agar semua peserta bisa memdapatkan pelayanan sesuai dengan hak nya. Sebagai penutup, Yos dengan senang hati siap membantu program JKN-KIS menjadi program yang unggul dan berkesinambungan. Selain itu, komunikasi dengan para pemangku kepentingan sangat penting dan harus terus dijaga demi keberlangsungan program tersebut.

“Sekali lagi saya tegaskan, Kita tidak boleh membeda-bedakan pelayanan, baik pasien umum maupun JKN-KIS. Karena mereka sudah memiliki hak nya dan hak nya itu sama, yaitu mendapatkan pelayanan terbaik dari kami. Saya siap membatu untuk keberlangsungan program JKN-KIS di wilayah Banyuwangi agar menjadi program yang berkesinambungan,” tutupnya.