Dumai, Jamkesnews - Sudah setahun lebih lamanya virus Covid-19 merongrong negara kita, inovasi-inovasi untuk pelayanan tanpa tatap muka pun semakin ditingkatkan hampir di seluruh Kantor Pelayanan Publik, tidak terkecuali BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan salah satu Badan Hukum Publik sudah banyak mengembangkan inovasi-inovasi terbaru terkait pelayanan tanpa tatap muka salah satunya aplikasi Mobile JKN.

Adanya aplikasi Mobile JKN ini sangat mendukung pencegahan dan meminimalisir penularan Covid-19 serta pelaksanaan physical distancing saat mengakses pelayanan kesehatan ataupun pelayanan administrasi kepesertaan. Dengan Mobile JKN maka akan tercipta pembatasan kontak langsung antara petugas BPJS Kesehatan dengan peserta ataupun antara tenaga kesehatan dengan peserta (saat mengantre pelayanan kesehatan).

Aplikasi Mobile JKN sendiri launching  di tahun 2017 sebelum adanya Pandemi Covid-19, dengan tujuan untuk memudahkan Peserta BPJS Kesehatan dalam mengakses pelayanan kesehatan.  Seiring perkembangan teknologi informasi aplikasi Mobile JKN terus dikembangkan agar lebih mempermudah peserta dalam mengakses pelayanan kesehatan dan juga mencegah penyebaran virus COVID-19.

Salah satu peserta BPJS Kesehatan dari segmen PBPU, Salsabila (22) merasakan manfaat setelah menggunakan aplikasi Mobile JKN.

“Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu saya dalam beberapa hal apalagi di era pandemi Covid-19 ini. Dahulu untuk mendaftar BPJS Kesehatan, mengganti FKTP atau melihat tagihan BPJS Kesehatan saya harus mengantre di kantor BPJS Kesehatan, namun sekarang tidak lagi, aplikasi ini sangat memudahkan saya, dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini secara tidak langsung  mengurangi kontak langsung atau tatap muka yang berdampak mengurangi terjadinya penyebaran Virus Covid-19,” terangnya.

Salsabila atau yang biasa disapa Eca ini juga berharap semua peserta JKN-KIS dapat memanfaatkan aplikasi Mobile JKN dengan maksimal serta memahami cara menggunakan fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi Mobile JKN agar nantinya peserta dapat memanfaatkan fitur yang ada tanpa harus melakukan pelayanan secara langsung baik di fasilitas kesehatan atau di kantor BPJS Kesehatan itu sendiri. Selain itu Eca juga berharap kedepannya akan banyak lagi fitur-fitur terbaru dari BPJS Kesehatan yang sangat memudahkan peserta dalam mengakses Program JKN-KIS.

“Sejauh ini BPJS Kesehatan sudah memberikan kemudahan yang sangat saya rasakan, mudah-mudahan kedepannya nanti akan ada inovasi-inovasi baru yang lebih mempermudah peserta dalam mengakses program-program JKN-KIS,” tutup Eca.