Di tengah pandemi seperti ini, ada baiknya jika kita mengurangi frekuensi berpergian ke luar rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19. Maka dari itu, jika Anda ingin mengurus masalah administrasi BPJS Kesehatan, sekarang Anda tidak perlu lagi pergi ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

 

Saat ini, BPJS Kesehatan melakukan berbagai inovasi untuk memudahkan peserta JKN-KIS, salah satunya yaitu Mobile JKN. Hanya dengan melalui smartphone, Anda bisa mendapatkan berbagai pelayanan BPJS Kesehatan melalui aplikasi Mobile JKN.

 

Mobile JKN memiliki banyak fitur yang bisa diakses oleh peserta JKN-KIS, salah satunya yaitu fitur untuk mengubah data peserta dan mengecek tagihan iuran. Lalu bagaimana sih cara untuk mengubah data peserta dan mengecek tagihan iuran dari Aplikasi Mobile JKN? Yuk ikuti langkah ini!

 

  1. Jika Anda belum memiliki Mobile JKN, Anda dapat mengunduh aplikasi ini di App Store atau Play Store.
  2. Buka aplikasi Mobile JKN yang telah ter-install
  3. Jika Anda sudah pernah menggunakan Mobile JKN, Anda bisa langsung log in mengakses fitur pada Mobile JKN. Tetapi, jika ini pertama kali Anda mengunduh dan menggunakan Mobile JKN, sebelum log in, Anda perlu mengaktivasi akun terlebih dahulu. Caranya yaitu:
    • Buka Aplikasi Mobile JKN
    • Pilih menu “Daftar” yang terdapat di bagian bawah layar
    • Pilih “Aktivasi Akun”
    • Lalu Anda masukkan data diri yang diminta dengan benar, nomor handphone serta alamat email.
    • Setelah Anda mengisi data secara lengkap, Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email Anda. Masukkan kode tersebut pada bagian “Verifikasi Pendaftaran” dan klik tombol “Verify”
    • Jika proses aktivasi akun berhasil, Anda tinggal login untuk mengakses fitur-fitur yang terdapat di Mobile JKN
  4. Pilih menu “Ubah Data Peserta” untuk mengubah data peserta. Melalui fitur ini, Anda bisa mengubah Nomor Handphone, alamat email, alamat surat, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan kelas perawatan. Anda tinggal memilih data yang Anda ingin ubah.
  5. Pilih menu “Premi”, untuk mengecek jumlah tagihan iuran yang perlu Anda bayarkan.

 

Ternyata, mudah kan menggunakan Aplikasi Mobile JKN? Sekarang, Anda tidak perlu lagi repot-repot ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mengubah data atau mengecek tagihan iuran Anda.