Pamekasan, Jamkesnews  – Adanya Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) telah membawa berkah dan kemudahan tersendiri bagi keluarga Mutmainnah (50). Warga Larangan Tokol Kabupaten Pamekasan. Ibu 3 anak yang sehari – hari nya menjajakan kue secara berkeliling ini pada Senin (22/02) berkesempatan untuk menceritakan pengalamannya menjadi peserta JKN–KIS. Menurutnya Program JKN–KIS sangat membantu keluarganya dalam  berobat di fasilitas kesehatan tanpa harus pusing memikirkan biaya pelayanan kesehatannya.

“Waktu dulu masih belum ada BPJS (JKN – KIS), pusing mas kalau butuh berobat. Dulu pernah suami saya masuk rumah sakit itu habis sekitar Rp11 juta karena penyakit jantung, ya akhirnya ngambil dari tabungan untuk berobat. Belum lagi harus kontrol rutin karena kalau sakit jantung kan berobatnya terus,” ujarnya.

Saat mengetahui bahwa Indonesia telah memiliki Jaminan Kesehatan bagi seluruh penduduk, Mutmainnah pun menyambut baik dan segera mendaftarkan keluarganya sebagai Peserta JKN–KIS. Mutmainnah menegaskan, JKN – KIS kini telah membantu menopang keuangan keluarganya untuk dapat berobat secara rutin tanpa kendala finansial. Terlebih di masa pandemi saat ini, pendapatannya dari berjualan kue secara keliling cukup menurun drastis dibandingkan dalam masa kondisi normal.

“Saya mas, ibaratnya hasil jualan hari ini ya untuk makan hari ini. Jadi kalau nambah – nambah lagi untuk biaya berobat ya gimana. Makanya ada BPJS ini sangat terbantu lah, dulu suami sudah pernah ngamar (rawat inap – red) di rumah sakit, pas (terus) tiap bulan pasti kontrol lagi ke Rumah Sakit karena kan sakit jantung, itu kalau tidak ada BPJS Kesehatan ya pasti berat. Apalagi pas musim seperti ini (Covid – 19) mau jualan di kantor kantor ternyata pegawainya banyak yang bekerja dari rumah,” imbuhnya.

Tak lupa, Mutmainnah juga berharap Program Jaminan Kesehatan Nasional terus berkesinambungan. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat seperti dirinya. Dirinya juga berharap, BPJS Kesehatan semakin maju dan semakin baik dalam menyelenggarakan Program JKN – KIS.

“Kalau harapan masyarakat seperti saya, pokoknya Program BPJS (JKN – KIS) itu ada terus, semakin baik untuk melayani masyarakat,” pungkasnya (ar/tw)

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI