Solok, Jamkesnews -  Komala Sari (54) adalah salah satu warga Selayo yang merasa puas dengan pelayanan kesehatan di era JKN-KIS ini. Ia menuturkan saat berobat hipertensi di Puskesmas menggunakan Kartu JKN-KIS ia mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah. Intinya selama peserta menjalankan prosedur yang telah ditetapkan maka tidak akan masalah dalam pelayanan kesehatan.

"Berbagai penanganan terkait hipertensi dengan mudah saya dapatkan di Puskesmas Selayo Kabupaten Solok ini, dan bahkan saat pendaftaran, disini prosesnya sangat mudah, dengan meletakkan kartu JKN KIS pada pusat pelayanan, maka secara bergantian pasien dipanggil," ungkap Komala Sari.

Ibu asal Selayo ini juga menjelaskan pengobatan di Faskes ini sudah ia jalani selama kurang lebih satu tahun belakangan, dan sebelumnya  juga sempat mencoba berobat ketempat lainnya, tapi merasa pelayanan nya kurang pas. "Karena mengalami  hipertensi, saya mesti mengkonsumsi obat rutin dan kontrol ke Puskesmas ini agar kondisi kesehatan ini terjaga," ucapnya.

Ibu rumah tangga ini juga berbagi pengalaman jika hipertensinya kumat maka secara tidak langsung ia akan merasakan sakit kepala yang luar biasa, dan bahkan suhu tubuhnya tidak stabil terkadang terasa panas dan malah sebaliknya. "Dengan kondisi seperti ini saya mulai resah, dan meredakan rasa ini saya memilih menenangkan diri sejenak dan minum obat yang disarankan dokter," terang Komala Sari.

Selain diberikan obat yang dikonsumsi rutin selama 10 hari, Puskesmas juga mengkontrol perkembangan kesehatan Komala Sari setelah mengkonsumsi obat,  apakah menjadi lebih baik atau malah sebaliknya. 

Bahkan Komala Sari juga menyampaikan pernah suatu ketika penyakitnya kumat, ia coba kontrol kembali makanan serta minuman yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. "Karena saya Hipertensi dokter lebih menyarankan saya untuk mengurangi makanan dengan kandungan garam yang berlebihan,  makanan kemasan kaleng, gula, dan juga jaga pola pikir agar tidak terlalu banyak pikiran," ucap Komala.

Wanita paruh baya ini juga menambahkan,  pada pagi ini tengah melakukan cek labor di Puskesmas untuk mengetahui kondisi terkini tubuhnya mengingat telah menjalani pengobatan hipertensi kurang lebih satu tahun lamanya. "Semoga hasilnya baik-baik saja ya, dan supaya kita sehat sangat penting buat kita semua untuk selalu menjaga pola makan" ucapnya.

Komala Sari juga menyampaikan dengan pelayanan mudah dan cepat tanggap yang ia dapatkan di Puskesmas dengan mengunakan KIS semoga juga dirasakan peserta JKN KIS lainnya, dan semoga pelayanan JKN KIS selalu bisa memberikan pelayanan lebih baik dari hari ini.