Tomohon, Jamkesnews – Mariati Tindige (35) adalah seorang ibu rumah tangga yang terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Tomohon merasa bersyukur karena proses persalinan anak ketiganya berjalan dengan lancar tanpa biaya sepeserpun.

Mariati merupakan peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Kelas 3 ini menceritakan pengalaman dirinya saat melewati proses persalinan yang berlangsung di Bidan praktek pada fasilitas kesehatan di dekat rumahnya.

“Saat itu saya sudah memprediksikan hari-hari siaga untuk proses persalinan saya, begitu rasa sakit di perut saya semakin sering dan semakin lama, saya segera meminta suami saya untuk mengantarkan ke bidan praktek pada fasilitas kesehatan yang ada di dekat rumah. Benar saja proses persalinan berlangsung tidak lama setelah saya tiba dan berjalan secara normal,” cerita Mariati.

Mariati menyampaikan sejak pemeriksaan rutin kehamilan, bersalinan bahkan sampai proses pemulihan pasca persalinan dirinya dilayani dengan sangat baik dan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun  untuk membayar segala proses dan tindakan medis yang dia telah terima.

“Sebagai seorang ibu rumah tangga dengan suami seorang tukang bangunan, saya merasa program JKN-KIS ini telah sangat membantu saya. Saya tidak bisa bayangkan jumlah uang yang harus saya keluarkan apalagi jika proses persalinan saya harus di lakukan dengan tindakan operasi caesar,” ungkap Mariati

Di akhir pertemuan Mariati berharap agar semua masyarakat dapat sadar akan kehadiran dan peran Program JKN-KIS. Masyarakat harus ikut memberi dukungan penuh agar program JKN-KIS terus bejalan, salah satunya dengan patuh membayar iuran tepat waktu.

“Saya sudah merasakan sendiri manfaat program JKN-KIS ini. Saya sadar pentingnya membayar iuran tepat waktu karena hal tersebut dapat membantu peserta lain yang membutuhkan tindakan medis seperti yang telah saya dapatkan,” tutup Mariati. (Ib/an)