Tapanuli Tengah, Jamkesnews –  Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah memberikan cahaya terang bagi dunia pelayanan kesehatan di Indonesia. Masyarakat kini tidak perlu lagi khawatir untuk memikirkan biaya pelayanan kesehatan jika sewaktu-waktu sakit. Program JKN-KIS menjamin biaya pelayanan kesehatan masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta aktif program ini.

Salah satu peserta JKN-KIS yang sangat merasakan manfaat hadirnya program JKN-KIS adalah Ribut Tanjung (53). Wanita asal Desa Kebun Pisang Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah ini merupakan peserta yang telah terdaftar sejak tahun 2019. Ribut beserta suami dan empat orang anaknya merupakan penduduk yang iuran kepesertaannya ditanggung oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Tengah.

Saat ditemui di kediamannya pada Kamis (11/02), Ribut menceritakan pengalamannya saat beberapa kali pernah memanfaatkan JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ribut mengaku bahwa dirinya dan keluarga belum pernah mengalami sakit yang cukup parah sehingga harus membutuhkan biaya yang cukup besar. Namun, beberapa kali keluarganya pernah mengalami sakit demam tinggi sehingga harus mendatangi Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Pernah saya beberapa kali berobat di Puskesmas, saya mendapatkan pelayanan yang menurut saya sangat memuaskan. Saya dilayani sangat baik, petugasnya juga ramah-ramah dalam memberikan pelayanan,” jelas Ribut.

Ribut yang sehari-harinya disibukkan dengan kegiatan berjualan di rumahnya ini, mengaku tidak lagi memikirkan biaya yang harus keluarganya siapkan apabila ada anggota keluarga yang sewaktu-waktu jatuh sakit. Ribut menceritakan bahwa sebelum menjadi peserta JKN-KIS, dirinya harus menyiapkan uang sekitar 250 ribu untuk biaya pengobatan.

“Sekarang yang saya pegang hanya kartu BPJS saya saja kalau saya mau datang berobat ke puskesmas, tidak seperti dulu. Kalau dulu saya bingung harus mengumpulkan uang untuk bisa berobat,” tutur Ribut.

Kepada Tim Jamkesnews Ribut menyampaikan harapannya agar kedepan BPJS Kesehatan dapat mempertahankan pelayanan baik yang telah diberikan kepada masyarakat Indonesia. Karena, sangat banyak masyarakat yang menggantungkan harapannya kepada Program JKN-KIS untuk dapat medapatkan pelayanan kesehatan. (HA)