Gorontalo, Jamkesnews -  Program JKN-KIS merupakan program nasional yang memberikan kemudahan bagi pesertanya dalam mendapatkan pelayan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Program ini tentunya memberikan kemudahan bagi masyarakat yang memiliki karakteristik berpindah pindah tempat dalam menjalankan aktifitas atau pun profesi pekerjaannya. Ade Ratna Mutiara (29) adalah salah satu peserta JKN-KIS yang termasuk karakteristik tersebut berkesempatan menceritakan kemudahan yang rasakan dirinya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan kepada tim jamkesnews, Jumat (19/02).

Ratna menceritakan bahwa dirinya seringkali berpindah pindah tempat dikarenakan profesinya yang bekerja sebagai pegawai di Lembaga Kejaksaan. Saat ini Ratna ditempatkan di Kejaksaan Tinggi Gorontalo, Ratna mengaku walaupun seiring berpindah tempat dirinya tetap dapat merasakan manfaat Program JKN-KIS dimanapun dirinya berada. “Saya suka pindah-pindah wilayah tempat tinggal, dan dibeberapa wilayah saya sudah sering merasakan manfaat dari JKN-KIS ini,” ungkap Ratna.

Ratna menambahkan pada saat lahirnya Program JKN-KIS yaitu pada tahun 2014 dirinya langsung merasakan manfaatnya ketika masih bertugas di Kota Medan. Pada 2014 lalu Ratna menggunakan JKN-KIS untuk proses persalinannya. “Dari awal BPJS Kesehatan ada, saya sudah pernah pakai, waktu itu saya masih tugas di Medan saya gunakan untuk proses persalinan anak saya yang pertama,” tambah Ratna.

Ditahun berikutnya Ratna yang sudah ditugaskan di wilayah lainnya ini kembali merasakan manfaat dari Program JKN-KIS, yaitu pada saat dirinya menderita DBD. Pada awalnya Ratna mengira kartu JKN-KIS yang dia miliki tidak bisa digunakan karena sudah tidak berada di daerah asalnya, namun setelah mendapatkan penjelasan dari fasilitas kesehatan bahwa kartunya tetap bisa digunakan Ratna tidak merasakan khawatir karena harus mengeluarkan biaya untuk pengobatannya.

“Ketika kena DBD saya bingung mau berobat, saya kira kartu JKN-KIS ini tidak bisa digunakan karena sudah beda wilayah, ternyata dokter berkata tetap bisa digunakan. Saat itu, saya pun langsung merasa lega,” tutur Ratna.

Ratna berterima kasih dengan adanya Program JKN-KIS ini, menurutnya program ini sangat membantu untuk memberikan kepastian jaminan kesehatan, apalagi untuk orang-orang yang berprofesi dan dituntut harus berpindah pindah tempat tinggal seperti dirinya. (iu/yf)