Makale, Jamkesnews - Juri (40) adalah seorang ibu rumah tangga asal Makale yang merasa sangat terbantu dengan kehadiran program pemerintah berupa Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Ketika sedang mengurus administrasi di kantor BPJS Kesehatan, ia berbagi cerita saat menggunakan manfaat kartu JKN-KIS untuk melahirkan anak ketiganya. 

“Kebetulan kami sekeluarga adalah peserta yang mendapatkan bantuan dari pemerintah. Di keluarga saya sendiri ada enam orang yang terdaftar. Kalau ditanya bersyukur, ya jelas kami bersyukur sekali bisa mendapatkan bantuan jaminan kesehatan dari pemerintah soalnya sewaktu-waktu bisa digunakan apalagi saat kelahiran anak ketiga saya,” ujar Juri, Senin (22/02).

Biaya persalinan, biaya kontrol sebelum dan sesudah melahirkan telah dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga ia tidak mengeluarkan sepeserpun biaya. Tak hanya itu pelayanan yang  didapatkan juga sangat baik hingga ia tidak perlu memikirkan hal lain selain keselamatan serta kesehatan ia dan bayinya.

“Saat itu saya melahirkan di Rumah Sakit Lakipadada Makale. Saya benar-benar bersyukur semua proses bisa berjalan dengan lancar. Walaupun mendapatkan hak perawatan kelas 3 namun pelayanan yang saya terima sangat baik, tenaga medis juga sigap selama persalinan sehingga saya bisa melahirkan anak ketiga saya dengan selamat,” kisahnya.

Juri juga menceritakan pengalaman lainnya ketika menggunakan kartu JKN-KIS ketika ia didiagnosa menderita tifus. Hal yang sama ia peroleh, pelayanan dan fasilitas yang memadai membuatnya merasakan pengalaman yang baik selama dirawat.

“Saya menggunakan kartu JKN-KIS untuk beronbat di puskesmas maupun saat dirawat di rumah sakit. Entah berapa biaya saya keluarkan jika menggunakan layanan umum. Untungnya kami sekeluarga bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan sehingga semuanya dapat ditanggung secara gratis, benar-benar meringankan beban dan tanpa kendala. Saya berterima kasih sekali kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan. Semoga terus jaya dan tetap mengutamakan kepedulian terhadap masyarakat,” harap Juri.