Tasikmalaya, Jamkesnews - Sebagai salah satu petugas di Klinik Amanah Dental Smile 2, Restu Nurul Fauzi (23) mengaku bahwa kehadiran program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan perubahan yang signifikan bagi masyarakat. Ia yang bertugas di bagian apoteker ini mengaku bahwa di klinik Amanah ini banyak pasien yang sebagian besar adalah peserta Program JKN-KIS.

Ia mengungkapkan, banyak masyarakat yang datang ke klinik untuk berobat berasal dari latar belakang yang berbeda-beda, ada yang sudah mengetahui pentingnya memiliki jaminan kesehatan dan ada juga yang tidak. Ia sendiri merupakan peserta PPU (Pekerja Penerima Upah) dimana kepesertaan dan iurannya di tanggung oleh pemberi kerja tempat ia bekerja saat ini.

“Saya juga pernah memanfaatkan pelayanan kesehatan pada prorgam JKN-KIS ini, saat saya menderita sakit thypus, saat itu saya pulang kerja, kepala merasa pusing badan menggigil dan muntah-muntah lalu saya langsung pergi ke Zarra medika karena memang untuk Faskes saya terdaftar di sana dan Alhamdulillah untuk pelayanan nya itu sendiri sangat baik dan saya sangat puas. Banyak sekali manfaat yang saya rasakan dari program JKN-KIS ini,” ungkap wanita yang biasa di sapa Restu ini, Rabu (27/01).

Menurut petugas kesehatan asal Singaparna ini, kehadiran Program JKN-KIS bisa memberikan dampak positif bagi selruuh masyarakat. pasalnya, prgram yang diselenggarakan BPJS Kesehatan itu dapat meringankan biaya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, baik itu dalam hal tindakan atau dalam mengkonsumsi obat-obatan dan juga dapat membantu sesama. Menurut ia pribadi manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan pasti akan bergantung pada orang lain.

“BPJS Kesehatan sudah banyak sekali membantu masyarakat yang sakit. Yang tadinya harus membayar sekian juta secara mendadak kini menjadi tidak menimbulkan kekhawatiran lagi berkat bantuan program JKN-KIS ini, saya atas nama pribadi sangat berterimakasih yang sebesar-besarnya atas adanya program ini. Saya harap program JKN-KIS ini tetap baik dan terus berjalan seperti yang di harapkan, karena ini sangat membantu untuk saya pribadi maupun orang lain,” tutupnya. (BS/ha)