Kupang, Jamkesnews – Manfaat Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan penduduk Indonesia, salah satunya membantu peserta mempermudah dalam mengakses pelayanan. Dengan semakin baiknya pelayanan yang diperoleh peserta saat ini, akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Program JKN-KIS, sehingga semakin banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari program pemerintah ini.

Seorang remaja yang tinggal di Kecamatan Alak, Kota Kupang Topas Nirwana Laos (19) mengatakan sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak ia berusia 17 tahun. Topas menceritakan lebih lanjut kisah sakit yang dialaminya dari sejak ia kecil bahwa terdapat kelainan pada tulang hidungnya. Namun ia mengabaikannya begitu saja karena dianggap hal sepele olehnya dan karena ia takut berobat ke fasilitas kesehatan mengingat akan biaya yang mahal.

Ia pun melanjutkan ceritanya bahwa semenjak adanya Program JKN-KIS, dirinya memberanikan diri untuk memeriksakan kelainan pada hidungnya ke fasilitas kesehatan karena semakin hari, ia mengalami sesak napas yang sangat mengganggu kesehariannya. “Saya pun akhirnya pergi ke fasilitas kesehatan untuk melakukan konsultasi dan saya dilayani oleh petugas di sana dengan sangat ramah.” ujar topas.

Setelah dilakukan konsultasi, dokter menyarankan Topas untuk segera melakukan tindakan operasi pada tulang hidungnya. Pihak keluarga pun menyetujui tindakan operasi yang disarankan dokter dan mengingatkan Topas untuk menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

“Saya mendapat pelayanan dan fasilitas sangat baik dari pihak rumah sakit, sehingga saya juga merasa nyaman saat menjalani operasi,” imbuhnya.

Setelah operasi ia jalankan, dokter meminta Topas untuk melakukan kontrol pasca operasi sebanyak tiga kali. Topas merasa sangat puas trlebih seluruh biaya dijamin Program JKN-KIS.

“Tidak menyangka jika sama sekali tidak ada biaya sepeserpun yang saya keluarkan. Kini saya bisa bernapas lega kembali, luar biasa BPJS Kesehatan,” ungkapnya dengan bahagia.

Topas sangat berharap program JKN-KIS tetap ada di Negara Indonesia, karena menurutnya banyak manfaat yang didapat dari Program JKN-KIS seperti yang telah ia rasakan,” tutupnya pada tim jamkesnews. (dh/sw)