Ogan Komering Ulu, Jamkesnews - Sudah tidak asing lagi bahwa saat ini hidup masyarakat tidak terlepas dari gadget. Hampir semua kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi melalui gadget. Termasuk kebutuhan akses pelayanan kesehatan dari peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Demikian diungkapkan oleh Amilia Rahma (25), yang merupakan salah satu dari peserta JKN-KIS. 

“Kalau menurut saya, Program JKN-KIS merupakan aset yang harus dimiliki oleh setiap orang, karena JKN-KIS merupakan perlindungan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Meski sudah punya JKN-KIS, kartu ini harus digunakan dengan sebaik-baiknya,” kata wanita yang kerap disapa Ami kepada tim Jamkesnews, Kamis (21/01).

Ia mengatakan bahwa Mobile JKN adalah salah satu inovasi dari BPJS Kesehatan yang memberikan banyak kemudahan. Selain dapat menampilkan KIS Digital, ada kemudahan lainnya yang dapat diperoleh peserta JKN-KIS, seperti kemudahan mendaftar dan mengubah data kepesertaan, kemudahan mengetahui informasi data peserta dan keluarga, kemudahan mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, kemudahan menyampaikan pengaduan dan informasi seputar JKN-KIS dan lain-lain.

“Ini aplikasi yang membantu sekali. Mau urus ini itu semuanya bisa melalui aplikasi Mobile JKN. Kalau lupa bawa kartu saat mau berobat, tinggal klik langsung muncul KIS Digital,” ujar Ami.

Ami menceritakan pengalamannya dalam mendapatkan pelayanan kesehatan bahwa ia pernah lupa membawa kartu JKN-KIS saat hendak berobat, namun ia membawa handphone. Karena memiliki aplikasi Mobile JKN, maka ia hanya perlu menunjukkan kartu digital yang ada di Mobile JKN tanpa harus menunjukkan kartu fisik, hingga akhirnya ia tetap dilayani dengan memuaskan.

“Untuk asuransi kesehatan, rasanya Mobile JKN sudah menjawab semua pertanyaan seputar JKN-KIS. Tidak hanya itu, kita juga dapat melihat riwayat pelayanan kesehatan yang pernah kita dapatkan. Pokoknya paket komplit,” senyum Ami. (RW/df)