Mojokerto, Jamkesnews - Berbagai macam perkembangan teknologi terbaru yang ditujukan memberikan kemudahan dan kepastian bagi penggunanya. Begitu pula dengan BPJS Kesehatan yang dalam mendukung kebutuhan era digital telah menghadirkan Mobile JKN sebagai aplikasi yang memberikan penggunanya lebih efektif , efisien dan mudah, bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dimasa pandemi sekarang ini.

Budi Slamet (30) merupakan salah satu peserta JKN KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU), yang telah memanfaatkan Mobile JKN. Budi merasa kesulitan, karena fasilitas kesehatan yang terdaftar di kartunya kini sangat jauh dari domisilinya sekarang. Ia mencoba mencari informasi baik melalui teman atau internet cara untuk mengubah faskes yang dekat dengan rumah. 

“Karena pindah domisili, saya sempat merasa bingung, kartu KIS yang digunakan selama ini Fasilitas Kesehatan sekarang telalu jauh. Padahal saya rutin memanfaatkan untuk menjalankan pengobatan setiap bulan, sehingga membuat ia mengurungkan niat untuk berobat. Saya sempat kepikiran memindahkan Fasilitas Kesehatannya apalagi di masa pandemi ini,” ungkapnya

Ia pun takjub lantaran Mobile JKN dapat mengatasi permasalahannya dengan mudah. Ia mengutarakan bahwa aplikasi Mobile JKN ini sudah banyak fitur-fitur yang bisa di manfaatkan, salah satunya KIS Digital.  Kini dirinya tidak perlu khawatir lagi apabila kehilangan kartu. Cukup dengan menunjukkan KIS Digital saja, sudah mendapatkan pelayanan kesehatan.

Budi  menceritakan, pada mulanya Ia sempat ragu menggunakan KIS Digital pada saat berobat di faskes pertama terdekat dengan rumahnya. Tapi ternyata ketakutan tersebut tidak ia perlukan. Saat di tempat administrasi pendaftaran Budi mencoba menunjukan KIS Digital, langsung dapat dilayani dengan baik dan ramah oleh petugasnya. Kemudian, oleh petugas juga disarankan untuk pindah faskes pertama dengan Mobile JKN apalagi di masa pandemi ini.

“Aplikasi Mobile JKN sangatlah bagus karena memberikan kemudahan yang nyata bagi peserta. Saya mengapresiasi (aplikasi ini) dan berharap BPJS Kesehatan terus menyempurnakan kegunaan fitur-fitur aplikasi Mobile JKN ini yang  banyak memberikan banyak manfaat dan kemudahan untuk mengakses informasi maupun akses pelayanan kesehatan. Mobile JKN dapat digunakan di mana dan kapan saja cukup dengan gadget, efisien dan efektif waktu juga," ujarnya memuji. (ar/gy)