Tomohon, Jamkesnews – Kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini sangat mempengaruhi aktivitas masyarakat. Kota Tomohon merupakan salah satu kota di Sulawesi Utara yang di tetapkan sebagai zona merah. Untuk membantu aktivitas keseharian masyarakat termasuk informasi dan pelayanan terkait Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dibutuhkan fitur aplikasi jarak jauh tanpa tatap muka seperti Mobile JKN.

Youleandra merupakan seorang pelajar di SMP Negeri Kristen Tomohon yang terdaftar sebagai tanggungan anak dari peserta Program JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) Swasta. Youleandra mengakui bahwa kondisi pandemi seperti saat ini membuat samua aktivitas menjadi lebih sulit, terutama untuk mengakses fasilitas kesehatan saat sakit.

“Beberapa minggu yang lalu saya merasa kurang enak badan dan Kota Tomohon saat itu masih masuk dalam katogori zona merah, selain pembatasan aktivitas di luar rumah, saya juga takut untuk kemana mana, apalagi ke Puskesmas atau rumah sakit,” ungkap Youleandra.

Youleandra mengetahui aplikasi Mobile JKN dari teman kuliahnya yang telah menggunakan aplikasi Mobile JKN sejak lama. Youleandra merasa sangat terbantu dengan aplikasi Mobile JKN dengan berbagai fiturnya seperti data kepesertaan, riwayat pembayaran, pendaftaran pelayanan, screening kesehatan dan lainnya.

“Saya mearsa sangat terbantu karena ionformasi tentang kepesertaan saya dan anggota keluarga dapat di pantau dengan mudah hanya dari handphone dan yang paling penting adalah screening kesehatan serta screening Covid-19,” jelas Youleandra.

Youleandra mengakui aplikasi Mobile JKN sangat bermanfaat khususnya dimasa pandemi seperti saat ini. Segala informasi dan keperluan tentang program JKN-KIS dapat di akses hanya melalui handphone.

“Kalau saya tau tentang aplikasi ini dari dulu, mungkin saya atau mama, papa dan saudara lainnya tidak perlu repot repot ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mendapatkan informasi yang bisa di akses hanya melalui jari” tutup Youleandra sambal tersenyum. (ib/an)