Wamena, Jamkesnews – Oktaviani Ukal (22) adalah seorang karyawan Yudha Cafe yang terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU). Saat ditemui tim Jamkesnews, Rabu (20/01) di tempat kerjanya, Viani kemudian mengungkapkan pendapatnya tentang Program JKN-KIS yang ia anggap penting dalam menjaga kesehatannya.

“Saya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS yang didaftarkan dari Badan Usaha Yudha Cafe dan terus terang saya belum pernah menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat. Namun saya mengakui bahwa manfaat dari Program JKN-KIS telah dirasakan oleh semua masyarakat di Kabupaten Jayawijaya sehingga saya merasa bahwa JKN-KIS itu penting," tuturnya.

Viani juga berharap dengan adanya Program JKN-KIS ini dapat memproteksi dirinya ketika dilanda sakit, karena setiap orang tidak dapat memprediksikan kapan sakit akan datang, sehingga harus memiliki jaminan kesehatan dan jaminan kesehatan itu telah didaftarkan perusahaan tempat Viani bekerja ke Program JKN-KIS.

Di lain sisi, Viani pun memberikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang telah memudahkan peserta JKN-KIS untuk mengakses berbagai layanan melalui elektronik. Pada masa pandemi Covid-19 saat ini seluruh masyarakat diimbau untuk tidak melakukan kegiatan yang berkerumun. Oleh karena itu, Viani pun segera mengunduh aplikasi Mobile JKN yang dipandu oleh petugas BPJS Kesehatan.

"Saya pun telah mengunduh aplikasi Mobile JKN pada handphone, untuk memperbarui informasi-informasi terbaru dari layanan Program JKN-KIS. Selain itu, keunggulan dari aplikasi Mobile JKN adalah kita tetap dapat mengakses layanan di fasilitas kesehatan pada saat berobat dengan KIS Digital, jika lupa membawa kartu JKN-KIS yang fisik. Jangan lupa memastikan aktifnya data kepesertaan kita dengan rutin membayar iuran. Tentunya dengan mengikuti prosedur ketentuan layanan JKN-KIS, maka semua dapat berjalan baik," tutur Viani. (TR/ds)