Memperhatikan makanan dan asupan kalori yang Anda konsumsi sangatlah penting, terlebih lagi ketika Anda sedang diet.

Penelitian dari National Institutes of Health menunjukkan bahwa orang yang mencatat kalori dapat menurunkan berat badan lebih banyak dan lebih memungkinkan untuk mempertahankan berat badannya dalam jangka panjang.

Saat ini, menghitung kalori sangatlah mudah. Ada banyak aplikasi berguna yang dapat anda download di smartphone Anda untuk membantu Anda mencatat makanan dan melacak asupan Anda.

Inilah sejumlah aplikasi yang bisa kalian gunakan:

1. Hitung Kalori

Hitung Kalori merupakan salah satu aplikasi yang gratis yang bisa kalian unduh. Melalui aplikasi ini, Anda dapat menentukan target berat dan waktu untuk mencapai berat yang Anda inginkan. Anda juga bisa mencatat kalori harian sehingga Anda dapat mengontrol kebutuhan kalori yang masuk ke tubuh Anda. Aplikasi ini juga memiliki kalkulator BMI untuk menghitung indeks massa tubuh Anda dan Diary Puasa untuk mencatat kalori yang Anda konsumsi ketika Anda berpuasa. Anda juga bisa mencatat aktivitas yang Anda lakukan.

Melalui aplikasi yang dikembangkan oleh developer Indonesia ini, Anda bisa mencari puluhan ribu menu dan merek makanan beserta kalori pada makanan tersebut. Database makanan lokal pun cukup lengkap sehingga Anda bisa dengan mudah menghitung kalori dari makanan yang Anda konsumsi.

 

2. Penghitung kalori dari FatSecret

FatSecret adalah penghitung kalori gratis. FatSecret memiliki pilihan cepat yang dapat Anda gunakan untuk menemukan kalori dan gizi pada makanan favorit, merek bahkan restoran.

Pada aplikasi ini, Anda dapat mencatat makanan yang Anda makan beserta kalorinya. FatSecret menawarkan tampilan ringkasan bulanan, yang memberikan total kalori yang dikonsumsi setiap hari dan total rata-rata untuk setiap bulan. Fitur ini berfungsi untuk melacak kemajuan diet Anda secara keseluruhan.

Selain fitur itu, di FatSecret anda juga bisa berkomunikasi dan sharing dengan member lainnya  untuk  bertukar kisah sukses dan mendapatkan tips, resep, dan lainnya. Anda juga bisa mengakses berbagai resep makanan sehat untuk menunjang diet Anda.

 

3. Calorie Counter dari Lost It!

Melalui aplikasi ini, Anda dapat melacak kalori yang Anda konsumsi. Aplikasi ini akan memberikan rekomendasi pribadi untuk asupan kalori berdasarkan berat badan, tinggi badan, usia, dan tujuan Anda. Aplikasi ini memiliki fitur database makanan dan buku harian makanan yang sederhana dan ramah pengguna.

Selain itu, aplikasi ini memiliki barcode scanner yang dapat Anda gunakan untuk memindai barcode pada makanan kemasan dan Anda dapat melihat jumlah kalori pada makanan tersebut. Aplikasi ini juga menyediakan resep makanan sehat beserta panduan olahraga yang dapat mendukung Anda dalam melakukan diet.

 

 

 

Trending News

MEDIA SOSIAL RESMI