30 Jul 2020
  |  
Dilihat : 121 kali

Persalinan di Tengah Pandemi Covid Lancar Dengan Kartu JKN-KIS

Narasumber : Cucu (25)

Karawang, Jamkesnews Aura kebahagiaan tidak bisa disembunyikan dari wajah Cucu (25), warga Wanasepi, Kabupaten Karawang. Wanita yang sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga ini baru saja dikaruniai seorang putri yang membuatnya resmi menjadi seorang Ibu. Ini merupakan persalinan pertama bagi Cucu sehingga menurutnya ini adalah pengalaman yang tidak dapat dilupakannya.

“Rasanya bahagia pasti akhirnya menjadi seorang Ibu, pengalaman pertama yang akan selalu berkesan. Saya menjalani proses kehamilan dan melahirkan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini ada perasaan takut awalnya, tapi saya berserah saja pada Tuhan. Yang paling disyukuri adalah saya sudah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), sehingga kekhawatiran saya berkurang karena sudah pasti akan dilayani dengan baik,” aku Cucu saat ditemu Tim Jamkesnews, Kamis (30/07).

Adapun Cucu beserta keluarganya terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI), sehingga iuran kepesertaannya dibayarkan oleh pemerintah. Lebih lanjut, Cucu menuturkan bahwa ketika mendapatkan pelayanan persalinan, dirinya tidak dipungut biaya sedikitpun karena dirinya memiliki kartu JKN-KIS.

“Alhamdulillah dengan Program JKN-KIS saya mendapatkan pelayanan yang pasti, dan tidak membayar apa-apa lagi, semuanya ditanggung pemerintah. Tidak terbayang jika saya harus membayar persalinannya secara mandiri, apalagi di masa pandemik seperti sekarang ini, pendapatan tidak pasti. Program ini terasa nyata sekali manfaatnya bagi keluarga saya,” lanjut Cucu.

Setelah kelahiran Putrinya tersebut, Cucu pun segera mendaftarkan putrinya sebagai peserta JKN-KIS ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang. Diakui oleh Cucu, proses pendaftaran anaknya tersebut berjalan dengan cepat. Hal ini diakui Cucu karena dirinya telah membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, sehingga dirinya hanya perlu mengikuti alur dan protokol kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang.  

“Saya salut dengan pelayanan kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang, tidak perlu berlama-lama dan protokoler pencegahan pandemi juga diterapkan dengan sangat ketat. Tiidak sampai setengah jam tadi saya di kantor sudah langsung selesai. Semoga kedepannya lebih maju lagi untuk BPJS Kesehatan,” tutup Cucu dengan tersenyum bahagia. (BS/vk)