30 Jul 2020
  |  
Dilihat : 10 kali

Ahmad Ajak Manfaatkan Mobile JKN di Tengah Pandemi

Narasumber : Ahmad Sudjana (37)

Soreang, Jamkesnews – Berbagai kanal layanan disediakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi peserta JKN-KIS yang tidak perlu lagi harus ke kantor. Apalagi dalam masa pandemi wabah corona ini yang membuat resah masyarakat, sehingga dianjurkan untuk tetap di rumah. Namun peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir lagi dalam segala pengurusan administrasi BPJS Kesehatan, kini seluruh administrasi kepesertaan bisa diakses hanya di rumah saja bisa melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat di download di Play Store bagi pengguna android, dan App Store bagi pengguna IOS.

Saat itu petugas BPJS Kesehatan Cabang Soreang sedang melakukan himbauan kepada peserta yang berkunjung untuk menggunakan kanal layanan yang telah tersedia sehingga peserta tidak perlu lagi harus datang ke kantor. Sebut saja Ahmad Sudjana (37) yang sedang mendengar penjelasan petugas BPJS Kesehatan terkait penggunaan Mobile JKN, Kamis (30/07). Menurut Ahmad, dengan adaya Mobile JKN, urusan administrasi kepesertaan JKN-KIS jauh lebih mudah, karena masyarakat sudah tidak perlu datang ke kantor cabang, namun hanya tinggal mengakses melalui smartphone saja.

“Sekarang ini hadirnya aplikasi Mobile JKN sangat bermanfaat sekali bagi peserta khususnya saya yang memang jauh dari rumah menuju kantor, apalagi adanya corona, kalau sudah tahu cara pakainya semua urusan BPJS Kesehatan dilakukan di rumah saja,” ucap Ahmad. 

Selain itu, Ahmad menyebut dirinya diinformasikan layanan digital Program JKN-KIS lainnya, seperti Chika dan Vika. Chika merupakan pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon oleh Artificial Intelligence/ Sistem. Saat ini Chika bisa diakses melaui https://facebook.com//BPJSKesehatanRI/, atau Telegram https://t.me/BPJSKes_bot dan Whatsapp di nomor 08118750400. Selain itu, Vika merupakan pelayanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status tagihan dan status kepesertaan JKN-KIS melalui BPJS Kesehatan Care Center di 1500 400.

“Saya coba chat ke Chika, langsung fast respon, saya ketik cek status peserta, lalu saya diminta untuk masukan nomor Peserta BPJS Kesehatan atau nomor KTP (NIK), selanjutnya tulis tanggal lahir, kemudian muncul status kepesertaannya, wuah sangat praktis, lalu saya ditawarkan pilihan yang lain untuk cek tagihan iuran dan beberapa menu lainnya,” ujar Ahmad. (BS/ir)