30 Jul 2020
  |  
Dilihat : 61 kali

Pensiunan PNS ini Pasang Ring Jantung Gratis Berkat JKN KIS

Narasumber : Moh Muksin Dusun Cilangah Ds Baginda Sumedang Selatan

Sumedang, Jamkesnews – Pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada pesertanya selalu berlandaskan tanggap, kenyamanan dan keramahan. Berfokus pada pelayanan dan kepuasan peserta di tahun 2020 ini, BPJS Kesehatan banyak berinovasi untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk peserta JKN-KIS.

Moh Muksin (67), seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil bertempat tinggal Dusun Cilangah Desa Baginda Kec. Sumedang Selatan, mengaku sangat bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS beserta keluarganya. Ia merasa telah diringankan beban untuk memikirkan biaya jika sewaktu-waktu terdapat keluarga yang sakit. Saat berkunjung di rumah dan warungnya, ia menceritakan pengalamannya saat mendapatkan manfaat JKN-KIS.   

“Kami dan keluarga beberapa kali menggunakan kartu JKN-KIS ini ketika sakit. Tak hanya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), bahkan pernah dirujuk dan mendapatkan perawatan di pasang 2 ring jantung, di rumah sakit dan segalanya diberi kemudahan. Seluruhnya dijamin mulai dari obat, biaya operasi, pelayanan yang didapat baik di FKTP maupun di rumah sakit juga sama bagusnya,” jelasnya kepada tim Jamkesnews, Kamis(30/07).

Menurutnya, penyakit yang dideritanya tidak memandang usia, oleh karena itu penting baginya untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Muksin pun menceritakan jika ia dan keluarganya sudah bertahun-tahun berobat menggunakan JKN-KIS. Jika dihitung, entah sudah berapa banyak biaya yang telah mereka habiskan untuk biaya pelayanan kesehatan hingga sekarang.

“Kehadiran Program JKN-KIS sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, termasuk kami. Sudah banyak masyarakat yang tersenyum lega karena seluruh biaya pengobatannya ditanggung oleh Program JKN-KIS, masalahnya control 1 bulan sekali ke Rumah Sakit," ucap Muksin.

Dia sangat mengharapkan agar Pemerintah dapat mempertahankan Program JKN-KIS ini, karena manfaatnya sangat besar dan banyak sekali masyarakat yang sudah terbantu. Seperti tetangganya yang memiliki JKN-KIS dan pernah menjalani rawat inap di rumah sakit selama lima hari, seluruhnya gratis tdak mengheluaran biaya sepeser pun.

“Semoga ke depan kami tetap selalu sehat dan JKN-KIS ini dapat menjadikan payung bagi keluarga kami di kala diperlukan. Lalu, semoga BPJS Kesehatan semakin baik dalam melayani peserta yang membutuhkan," Muksin (kh/ak).