29 Jul 2020
  |  
Dilihat : 20 kali

Monika Sebut Lewat JKN-KIS, Jadi Salah Satu Bentuk Kepedulian Pemerintah

Narasumber : Monika Bolang

Maumere, Jamkesnews - Monika Bolang (62) merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang terdaftar di segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) Pemerintah Daerah (Pemda) dari Pemerintah Daerah Sikka. Sejak dirinya sudah menjadi peserta JKN-KIS pada tahun 2016 silam, dirinya pernah menggunakannya ketika mengakses layanan kesehatan baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjut (FKRTL) atau rumah sakit.

“Baru sebulan yang lalu, saya berobat karena batuk pilek yang sudah berlarut-larut. Saya sudah merasakan manfaat dari Program JKN-KIS. Sungguh luar biasa. Cukup tunjukan kartu JKN-KIS dan mengikuti beberapa alur layanan berjenjang, mulai dari Puskesmas Kopeta Maumere sampai dengan mengantri di poli Rumah Sakit T.C Hillers Maumere. Memang lama, karena banyak yang berobat, jadi mau tidak mau harus menunggu giliran, tidak masalah bagi saya,” ucap Monika sambil tersenyum.

Monika merasa senang dengan bentuk kepedulian pemerintah melalui Program JKN-KIS, ia merasa sangat tertolong. Dirinya menceritakan, sebelum adanya program JKN-KIS, saat dirinya terjatuhsakit baik sakit ringan seperti batuk pilek bahkan sakit berat sekalipun dirinya tidak pernah berobat ke fasilitas kesehatan karena terkendala pada biaya pengobatan. Yang ada di pikirannya hanya bekerja untuk makan sehari-hari guna menyambung hidup, jika ada gangguan kesehatan saat itu, ia cukup dengan istirahat saja.

“Sekarang  saya tidak perlu ragu lagi jika sakit menimpa, karena telah menjadi peserta JKN-KIS dan biaya pelayanan kesehatan dijamin sepenuhnya oleh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN-KIS,” ujarnya sambil tersenyum.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan karena telah menyelanggarakan program JKN-KIS dengan sangat baik. DI akhir wawancaranya, ia berharap Program JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan akan tetap terus hadir ditengah kekhawatiran masyarakat untuk kemudahan akses mendapatkan layanan kesehatan. Ia menyebut, telah banyak masyaralat yang terbantu berkat hadirnya Program JKN-KIS. Untuk itu, ia juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk membantu menjaga kesinambungan Program JKN-KIS agar dapat terus memberikan manfaat kepada orang banyak.

“Semoga program JKN-KIS tetap ada dan bekelanjutan di Negara Indonesia karena telah banyak masyarakat yang tertolong dalam hal pembiayaan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan seperti yang telah saya rasakan,” tutupnya pada tim Jamkesnews (SR/dh)