07 Jul 2020
  |  
Dilihat : 17768 kali

Program JKN-KIS Bantu Ringankan Beban Nurul

Narasumber : Nurul Suhada

Selong, Jamkesnews – Siapa yang tidak mengenal program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN–KIS). Tentu hampir seluruh masyarakat Indonesia telah mengetahui tentang program yang dijalankan oleh BPJS Kesehatan ini. Bagaimana tidak, karena lebih dari 200 juta masyarakat Indonesia telah menjadi peserta maupun pengguna Program JKN-KIS ini. Manfaat Program JKN-KIS ini sangat dirasakan oleh seluruh kalangan, baik usia muda hingga lanjut usia. Manfaat program jaminan kesehatan nasional ini juga dirasakan oleh Nurul Suhada, ibu dua orang anak yang merupakan warga Nusa Tenggara Barat (NTB) ini adalah peserta JKN-KIS dengan segmen kepesertaan Pekerja Penerima Upah (PPU) dengan iuran dibayarkan melalui gajinya yang dipotong setiap bulan.

Wanita yang kerab dipanggil Nurul itu mengaku telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak era PT. Askes. Pengalaman positif saat menggunakan kartu kepesertaan JKN-KIS untuk biaya berobat suaminya membuat dirinya menceritakan pengalaman positifnya kepada tim Jamkesnews.

"Saya menjadi peserta sudah lama banget sejak lama. Dari pengalaman yang saya rasakan pelayanannya sangat bagus dan memuaskan, itu yang saya rasakan saat suami saya harus dirawat di rumah sakit karena harus menjalani operasi,” cerita Nurul kepada tim jamkesnews.

Berbekal dari pengalmannya itu, Nurul juga menceritakan jika Program JKN-KIS sangat membantu kondisi keuangannya saat itu, karena tidak perlu lagi memikirkan biaya pelayanan kesehatan dan biaya operasi yang lumayan tinggi, dirinya ketika itu hanya fokus untuk kesembuhan suaminya.

“Program JKN-KIS ini sangat membantu keluarga saya terutama saat kondisi keuangan yang pas-pasan,” tutur Nurul kepada dengan penuh semangat.

Di akhir perbincangan dengan tim Jamkesnews, Nurul menyampaikan harapannya agar pelayanan kepada peserta JKN-KIS semakin ditingkatkan dan lebih banyak lagi masyarakat Indonesia yang mendapatkan manfaat dari Program JKN-KIS ini.

“Semoga pelayanan kepada peserta JKN-KIS semakin bagus dan lebih ada inovasi-inovasi lagi khusus untuk pelayanan kepada peserta JKN-KIS agar program ini tetap menjadi program unggulan dalam hal kesehatan yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat kurang mampu,” tutupnya. (dh/ay)