30 Jun 2020
  |  
Dilihat : 12 kali

Wahyu: Memiliki Jaminan Kesehatan adalah Salah Satu Kewajiban Utama

Narasumber : Wahyu (24)

Karawang, Jamkesnews Tidak banyak kata yang dapat diungkapkan oleh Wahyu (24), seorang Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS), selain ucapan terima kasih banyak dengan adanya Program JKN-KIS di Indonesia. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tenaga alih daya tersebut mengaku dirinya sangat bersyukur telah menjadi Peserta JKN-KIS.

“Sejak tahun 2015 saya sudah menjadi peserta JKN-KIS melalui tempat saya bekerja. Meskipun saya tidak memiliki sakit penyakit yang terbilang parah, menurut saya memiliki jaminan kesehatan itu adalah sebuah kewajiban,” kata Wahyu, Selasa (30/06).

Pria yang gemar memelihara ikan hias ini juga menuturkan bahwa sejak awal dirinya mendaftar hingga kini, pelayanan yang didapat dari Program JKN-KIS sangatlah baik.

“Saya beberapa kali menggunakan Kartu JKN-KIS untuk berobat pilek, demam, dan batuk. Semuanya ditanggung oleh Kartu JKN-KIS. Termasuk obat-obatan juga saya tidak perlu mengeluarkan biaya apa-apa lagi. Mungkin sakit penyakitnya terlihat sepele, tapi kan lumayan juga kalau harus bayar sendiri,” tambah Wahyu.

Lebih lanjut Wahyu juga menceritakan pengalaman saudaranya, yang juga merupakan peserta JKN-KIS, saat menggunakan kartu JKN-KIS untuk melahirkan secara operasi caesar. Diakuinya, dengan Kartu JKN-KIS pelayanan yang didapatkan oleh saudaranya sangat cepat dan tidak berbelit-belit. Diakui Wahyu, semua biaya persalinan tersebut juga telah ditanggung oleh kartu JKN-KIS.

Selain pengalaman mendapatkan Pelayanan Kesehatan, Wahyu juga mengungkapkan pengalamannya dalam mengurus perpindahan Fasilitas Kesehatannya di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Karawang. Menurutnya Petugas BPJS Kesehatan sangatlah ramah dan tanggap menanggapi kebutuhannya.

“Saya ke Kantor tadinya untuk mengubah fasilitas kesehatan saya, namun ternyata info dari petugas sekarang cukup dengan Aplikasi Mobile JKN, saya sudah dapat memindahkannya secara online. Alhamdulillah kedepannya saya tidak perlu repot lagi harus ke kantor BPJS, cukup mengunduh aplikasi di Playstore, saya sudah bisa mengakses berbagai fitur,” tuturnya.

Wahyu berharap Program JKN-KIS dapat terus berlangsung dan memberikan manfaat kepada masyarakat Indonesia. Baginya tetap kesehatan adalah nomor satu, oleh karenanya Wahyu menghimbau agar masyarakat lainnya dapat patuh membayarkan iuran tepat waktu demi keberlangsungan Program JKN-KIS. (BS/vk)