30 Jun 2020
  |  
Dilihat : 15 kali

Ini Tanggapan Aji Tentang Program JKN-KIS

Narasumber : Aji (27)

Karawang, Jamkesnews Di usia yang masih terbilang cukup muda, Aji Kosasih (27), seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), mengaku tidak khawatir saat istrinya harus melahirkan buah hati mereka secara operasi caesar 3 tahun lalu. Sebagai seorang kepala keluarga, Aji telah mendaftarkan keluarga kecilnya ke dalam Program JKN-KIS, dengan harapan Program JKN-KIS dapat memberikan kepastian dan kemudahan bagi keluarganya kelak ketika membutuhkan jaminan kesehatan.

Benar saja, ketika istrinya hendak melahirkan, Aji mengaku sangat berterima kasih kepada Program JKN-KIS ini. Bagaimana tidak, istrinya yang semula diperkirakan dapat melahirkan secara normal ternyata harus menjalani operasi caesar. Aji mengaku pengalaman mendampingi istrinya melahirkan tersebut adalah pengalaman yang sangat unik.

“Awalnya kami sudah menetapkan untuk melahirkan di bidan saja. Kemudian orang tua memberikan obat tradisional untuk dikonsumsi istri saya sebelum melahirkan. Ternyata obat tradisional tersebut justru membuat istri saya menjadi kesulitan melahirkan secara normal. Saya panik dan takut terjadi apa-apa dengan istri dan anak saya yang masih di dalam kandungan. Akhirnya berbekal kartu JKN-KIS, saya pun membawa istri ke rumah sakit dan alhamdulillah sekali akhirnya anak saya bisa lahir dengan selamat, juga demikian dengan istri saya,” tutur Aji pada Selasa (30/06).

Sebagaimana dituturkan oleh Aji, pelayanan yang didapatkan oleh istri dan bayinya saat itu sangat baik. Tenaga medis yang menangani istrinya juga memberikan afirmasi positif kepada keluarganya. Diakui Aji, tidak ada pembedaan perlakuan yang diterimanya, semua pasien diperlakukan sama oleh tenaga medis.

“Alhamdulillah Program JKN-KIS ini sangat membantu saya dan keluarga, saya tidak bisa membayangkan jika harus membayar sendiri biaya operasi tersebut. Kami tidak membayar biaya apapun lagi, cukup dengan rutin membayarkan iuran JKN-KIS melalui badan usaha tempat saya bekerja,” tambah Aji.

Besar harapan Aji, BPJS Kesehatan kedepannya dapat menghadirkan berbagai macam inovasi yang dapat memudahkan peserta untuk mengakses layanan kesehatan. Juga kepada fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, Aji berharap agar semuanya dapat berkomitmen bersama memberikan pelayanan terbaik bagi Peserta JKN-KIS. (BS/vk)