30 Jun 2020
  |  
Dilihat : 10009 kali

Usia Senja Tenang Saat Punya Jaminan Kesehatan

Narasumber : Choirunnisa (61 Tahun); Peserta JKN-KIS Segmen BP; Penderita Penyakit Lambung

Pasuruan, Jamkesnews - Sehat di usia senja tentu jadi dambaan bagi setiap orang, namun yang namanya penyakit bisa datang tanpa ada yang mengundang. Hal ini lah yang tengah dirasakan Choirunnisa, salah satu warga Pandaan, Kabupaten Pasuruan, yang kini sedang menjalani rawat inap di rumah sakit. Di usianya yang menginjak 61 tahun, ia sering merasakan penyakit lambung. Terhitung, 2 tahun sudah penyakit ini hadir di kehidupannya.

“Iya, sakitnya lambung. Sudah dari pertengahan 2018 lalu dan sampai sekarang masih sering menjalani pengobatan. Kondisi saya memang tidak seperti dulu yang mungkin masih betah menahan sakit, tapi sekarang harus rutin periksa. Belum lagi kalau makan tidak boleh sembarangan,” terangnya.

Nisa, sapaan akrabnya, sempat merasakan sakit perut hingga 16 kali dalam sehari. Lebih dari itu, ia juga sempat merasakan muntah hingga berak disertai darah. Akibatnya, ia segera dilarikan ke rumah sakit oleh anak-anaknya. Rumah Sakit Islam (RSI) Masyithoh Bangil menjadi pilihan utama lantaran lokasinya yang relatif dekat dengan tempat tinggalnya.

“Kejadiannya sore hari dan sebelumnya kepala saya pusing sekali. Seharian itu memang kebanyakan saya di kasur. Beberapa kali ke kamar mandi karena perut saya sakit terus sempat muntah dan yang paling parah buang air besarnya keluar darah. Setelahnya saya makin lemas dan anak-anak membawa ke sini,” kenangnya.

Sampai di rumah sakit, Nisa segera dapat pertolongan. Ia ingat betul bagaimana semua petugas melayaninya dengan begitu ramah dan cekatan. Hanya berbekal Kartu Askes (Asuransi Kesehatan) yang kini menjadi Kartu Indonesia Sehat, Nisa, memperoleh semua pelayanan tanpa sekalipun harus membayar untuk biaya tambahan.

“Jadi sampai rumah sakit langsung ditangani. Setelah setengah jam sudah dapat ruangan. Kebetulan saya punya kartu Askes, jadi alhamdulillah semua biaya perawatannya gratis. Dokter dan perawatnya di sini juga telaten dan ramah. Alhamdulillah semuanya lancar, dari saya datang sampai sekarang,” ungkapnya.

Hingga kabar ini dihimpun, kondisi Nisa telah berangsur membaik. Dirinya lega lantaran masa tuanya sudah terlindungi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Pensiunan guru sekolah dasar ini berharap agar kebaikan Program JKN-KIS terus memberi dampak besar bagi masyarakat Indonesia dimana pun berada.

“Harapannya tentu yang terbaik bagi BPJS Kesehatan. Semoga manfaatnya bisa terus dirasakan semua orang, khususnya yang memang membutuhkan. Saya sendiri butuh sekali jaminan seperti ini apalagi di usia sekarang. Saya berterima kasih untuk BPJS (Kesehatan). Sangat besar sekali manfaatnya,” tutupnya (ar/vn).