29 Jun 2020
  |  
Dilihat : 325 kali

Praktis dan Nyaman Akses Layanan BPJS Kesehatan Lewat Mobile JKN

Narasumber : Dedi Suryadi (26)

Cimahi, Jamkesnews - Teknologi informasi terus berkembang mendorong BPJS Kesehatan untuk senantiasa berinovasi guna memberikan kemudahan akses dan layanan kepada peserta program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Beberapa waktu yang lalu, BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Mobile JKN untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan dalam mengakses data Peserta JKN-KIS tanpa harus datang ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan.

Salah seorang yang telah merasakan manfaat Aplikasi Mobile JKN yaitu Dedi Suryadi (26). Pria yang bekerja sebagai karyawan swasta tersebut sangat terkesan dengan mudahnya dalam mengunduh dan meng-install aplikasi Mobile JKN. Saat ditemui Senin (29/06), Dedi begitu ia biasa disapa, menceritakan dengan semangat tentang aplikasi Mobile JKN.

“Awalnya saya pikir mungkin memang ribet ya kalau mau ada keperluan ke kantor BPJS Kesehatan. Karena sudah terbayang harus antri cukup lama, belum lagi kalau seandainya berkasnya tidak lengkap jadi harus bolak balik. Tapi ternyata sekarang alhamdulillah dengan adanya aplikasi Mobile JKN ini sangat mempermudah calon peserta JKN-KIS, jika ingin melakukan berbagai proses keperluan administrasi tinggal unduh saja aplikasinya dan registrasi,” ujar Dedi sambil menunjukkan aplikasi Mobile JKN di ponselnya.

Selain pendaftaran peserta JKN-KIS, masih banyak fitur yang bisa diakses oleh peserta JKN-KIS diantaranya pindah fasilitas kesehatan, info tagihan, nomor Virtual Account (VA). Aplikasi Mobile JKN juga dapat digunakan untuk melakukan skrining riwayat kesehatan, sehingga peserta bisa melihat potensi risiko kesehatannya dengan sangat mudah. Peserta juga dapat melakukan pendaftaran pelayanan kesehatan melalui Mobile JKN dan mengetahui ketersediaan ruang rawat inap di RS. Dedi terlihat antusias saat memperlihatkan aplikasi Mobile JKN yang menampilkan fitur riwayat pelayanan.

“Benar-benar aplikasi yang sangat lengkap dan memberi kemudahan bagi peserta JKN-KIS di era digital seperti saat ini. Dan yang tidak kalah penting, adanya KIS digital yang bisa saya gunakan setiap saat jika akan berobat. Jika suatu saat kartu JKN-KIS ketinggalan atau hilang, saya tidak khawatir karena di ponsel sudah ada KIS digital yg bisa digunakan,” ujarnya.

Dedi mengatakan, sejak ia dan keluarganya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, dirinya tidak lagi khawatir jika sewaktu-waktu membutuhkan akses layanan kesehatan karena dia dan keluarganya sudah memiliki jaminan kesehatan.

“Kita tentu tidak menginginkan sakit tetapi kita tidak pernah bisa memastikan kesehatan diri dan keluarga. Kesehatan akan menjadi sangat mahal ketika sakit datang, dengan mendaftarkan diri sebagai peserta JKN-KIS maka jaminan kesehatan saya dan keluarga saya sudah terjamin. Tetapi kita juga tetap harus menjaga kesehatan dengan menjaga pola hidup yang sehat," pungkas Dedi. (BS/dh)