26 Jun 2020
  |  
Dilihat : 47 kali

Persalinan Wiwin Bebas Biaya Berkat JKN-KIS

Narasumber : Wiwin Wihartini Dusun mandalaherang Kec.Cimalaka

Sumedang, Jamkesnews - Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memberikan manfaat yang sangat besar bagi pesertanya. Hal tersebut dirasakan langsung oleh Wiwin Wihartini (41), warga Dusun Mandalaherang Kecamatan Cimalaka. Wiwin merupakan salah satu peserta JKN-KIS dari segmen Peserta Penerima Upah (PPUPN). Ia merupakan seorang ibu rumah tangga yang suaminya bekerja sebagai PPUPN di Kantor Kecamatan Cimalaka. Saat ditemui, ia menceritakan bahwa dirinya pernah merasakan manfaat kepesertaan JKN-KIS nya saat menjalani proses persalinan yang dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan.

“Terasa sekali manfaat yang saya rasakan, hal itu dirasakan pada saat saya melakukan proses persalinan anak saya yang kedua. Semua biaya persalinan saya dijamin penuh oleh BPJS Kesehatan. Mulai dari awal masuk sampai dengan saya keluar dari rumah sakit tidak ada biaya lagi yang saya keluarkan. Pelayanan Rumah Sakitnya juga baik dan semua terlayani dengan baik dari awal sampai akhir,” ujar Wiwin Wihartini sewaktu di temui di rumah sakit, Jumat (26/06).

Saat ditanya mengenai pentingnya jaminan kesehatan bagi keluarganya, Wiwin menyebutkan bahwa memiliki jaminan kesehatan itu merupakan hal yang sangat penting. Selain masalah kesehatan, Wiwin melihat bahwa dengan adanya jaminan kesehatan, masalah keuanganpun dapat teratasi. Ia tidak perlu memikirikan lagi resiko biaya yang akan dikeluarkan dikemudian hari seandainya di masa yang akan datang masuk rumah sakit lagi.

“Melihat manfaat yang telah saya rasakan, memiliki BPJS Kesehatan itu penting untuk sekarang dan masa depan. Jika sewaktu waktu kita membutuhkan pengobatan dirumah sakit, sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya. Pastinya memiliki jaminan BPJS Kesehatan itu membantu kita terhindar dari masalah keuangan, andaikan kemarin biaya persalinan saya dibayarkan sendiri, pasti sudah abis puluhan juta,” lanjut Wiwin.

Diakhir perbincangan, ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta BPJS Kesehatan dan tentunya BPJS Kesehatan sendiri berserta mitra kerja rumah sakit.

“Saya berterimakasih kepada BPJS Kesehatan yang telah menyelenggarakan JKN-KIS, dan seluruh pihak khusunya kepada dokter dan tenaga kesehatan lainnya yang telah memberikan pelayanan terbaik kepada peserta BPJS Kesehatan. Mudah-mudahan BPJS Kesehatan dan rumah sakit terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tutup Wiwin. (kh/ak).