24 Jun 2020
  |  
Dilihat : 19 kali

Dengan Mobile JKN, Semua Urusan Program JKN-KIS Terasa Mudah

Narasumber : Saufat (46)

Soreang, Jamkesnews – Memasuki era yang sepenuhnya dikelilingi dengan teknologi, membuat banyak masyarakat yang mulai menganggap bahwa teknologi sebagai dewa. Dengan adanya teknologi, segala urusan yang dapat diakses oleh maysrakat, akan terasa mudah tanpa harus mengeluarkan tenaga banyak untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Apalagi dengan meningkatnya pendapatan dan konektivitas yang lebih besar juga telah mengubah harapan tentang bagaimana layanan publik dikonsumsi oleh masyarakat dengan penuh kemudahan. Dalam dunia pelayanan publik saat ini, masyarakat memiliki kemewahan mengkonsumsi layanan di mana saja, dan kapan saja.

Banyak hal kini bisa dilakukan secara online, misalnya saja untuk membuat SKCK, memperbarui SIM atau mendaftar untuk layanan sosial, meski tetap harus mendatangi instansi pemerintah, namun prosesnya menjadi lebih singkat.

Termasuk juga dalam pelayanan di BPJS Kesehatan. Hadirnya aplikasi Mobile JKN membuat peserta JKN jadi serba mudah dan praktis. Bagaimana tidak, semua urusan soal BPJS Kesehatan bisa ditangani oleh smartphone atau gadget. Seperti halnya pengalaman Saufat (46) sebagai wartawan yang rutinitas pekerjaannya banyak dilakukan diluar membuat keterbatasan melakukan pengurusan BPJS Kesehatan untuk datang ke kantor.

“Zaman serba canggih gini, mau tidak mau harus mengikuti teknologi, jangan kalah sama yang muda-muda, saya saja yang berumur ini sudah menggunakan Mobile JKN,” ujar Saufat pada saat pertemuan media gathering (26/06).

Menurut Saufat, ia menilai bahwa inovasi yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan itu justru membuat seluruh masyarakat dapat terbantu dalam mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS. Menurutnya, Dengan dibukanya layanan lewat aplikasi tersebut, seluruh masyarakat sudah tidak perlu berbondong-bondong datang ke kantor cabang untuk mengakses layanan kepesertaan JKN-KIS. 

“Sangat bermanfaat sekali kegunaan dari Mobile JKN ini. Dulu pernah pindah fasilitas kesehatan jadi tidak perlu datang ke kantor, apalagi sekarang banyak berbagai macam fitur lainnya, seperti awal login sudah disajikan skrining Covid-19, lalu ada pendaftaran online di klinik, bisa berkomunikasi langsung juga sama dokternya untuk konsultasi, luar biasa serba praktis,” ungkap peserta gathering itu.

Selain itu juga adanya informasi terkait ketersediaan kamar tempat tidur di rumah sakit sehingga peserta JKN bisa mengetahui langsung ketika hendak di rawat inap. Lalu ada pendaftaran autodebet bagi peserta mandiri. Serta yang paling update adanya informasi terkait jadwal tindakan operasi. (BS/ir)