19 Jun 2020
  |  
Dilihat : 24 kali

Bekerja Tenang Berkat Proteksi JKN-KIS

Narasumber : DRADJAT PRABOWO

Magelang, Jamkesnews - Kesehatan merupakan salah satu aset penting yang harus dijaga oleh seluruh masyarakat.  Selain menerapkan pola hidup sehat, tentu masyarakat juga harus memberikan proteksi tambahan untuk melindungi dirinya dari penyakit yang dapat menyerang, yakni berupa jaminan kesehatan.

Drajad Prabowo (24), merupakan salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan swasta. Saat ini, Drajad sudah menjadi peserta JKN-KIS dari segmen peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) dari perusahaan tempat ia bekerja. Ia menuturkan, jaminan kesehatan merupakan hal yang wajib dimiliki. 

“Saya pun sangat tertolong dengan kartu tersebut, karena proteksi kesehatan sangat penting, mengingat biaya yang dikeluarkan apabila terkena sakit berat dan mengharuskan untuk dirawat inap di rumah sakit. Itu otomatis membutuhkan biaya yang besar. Sedangkan kita tidak selalu menyediakan uang yang banyak untuk menutup biaya kesehatan,” ucapnya, Jumat (26/06).

Menurutnya, di saat pemerintah mulai menerapkan era new normal, ia merasa lebih tenang karena dengan adanya JKN-KIS yang dapat dijadikan pegangan untuk menjamin kesehatan. Selain itu Drajad mengatakan inovasi yang dilakukan BPJS Kesehatan selama pandemi ini membuat masyarakat lebih mudah dalam mengakses layanan kesehatan dengan tidak perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Saya benar-benar merasakan manfaatnya ketika kartu saya tertinggal di rumah, atau kita sedang mencari rujukan terdekat dan dengan mudahnya saya bisa menggunakan fitur kartu digital dari Mobile JKN. Adanya pengecekan Covid-19 di aplikasi Mobile JKN pun sangat membantu untuk kita mengetahui secara umum apakah kita masih dalam situasi yang aman atau harus segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke rumah sakit. Selain itu, proses pembayaran iurannya juga sekarang lebih praktis, karena ditunjang dengan kemudahan dalam bertransaksi bisa dilakukan di minimarket, serta dapat dibayarkan melalui transfer online atau autodebet,” ungkapnya.

Drajad berharap ke depan Program JKN-KIS dapat memberikan makin banyak kemudahan kepada peserta dan seluruh masyarakat Indonesia. (ma/wt)