22 Mei 2020
  |  
Dilihat : 13779 kali

Mau Screening Covid-19, Pakai Mobile JKN Saja

Narasumber : Dennyse Fradona Tuhumury (28)

Ambon, Jamkesnews – BPJS Kesehatan hadirkan fitur tambahan pada aplikasi Mobile JKN, yakni layanan Skrining Mandiri Covid-19. Skrining Mandiri Covid-19 adalah salah satu cara untuk membantu mendeteksi apakah seseorang sehat atau memiliki gejala yang memerlukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terkait Covid-19.

Penambahan fitur ini merupakan salah satu bentuk keseriusan BPJS Kesehatan dalam menanggapi wabah Covid-19 dan untuk memberikan kemudahan informasi kepada peserta JKN-KIS. Dalam menu Skrining Mandiri Covid-19 ini, peserta JKN-KIS akan disajikan dengan sejumlah pertanyaan seperti kondisi kesehatan peserta, riwayat perjalanan dan kontak peserta dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Dennyse Fradona Tuhumury (28) atau pria yang akrab dipanggil Denis, merupakan salah satu peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) di Ambon. Pada saat ditemui Jamkesnews, ia menceritakan pengalamannya dalam memanfaatkan layanan skrining mandiri melalui aplikasi Mobile JKN.

“Kemarin setelah saya update aplikasi Mobile JKN, muncul beberapa menu baru, yang mana salah satunya menu Skrining Mandiri Covid-19 ini. Karena penasaran, saya coba buka dan mengisi seluruh pertanyaan sampai selesai,” ungkapnya, Jumat (22/05).

Pengisiannyapun diakui Denis sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Di akhir pengisian peserta dapat melihat hasil seberapa besar risiko terhadap Covid-19. Apabila beresiko, maka peserta akan diarahkan untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan fasilitas kesehatan terdekat. Peserta juga diimbau untuk tetap tinggal dirumah saja, mencuci tangan dengan sabun, makan-makanan bergizi, dan berolah raga secara teratur.

“Munculnya pandemi Covid-19 ini mengharuskan kita memahami gejala-gejalanya dengan melakukan skrining dan mengetahui langkah awal apa yang harus dilakukan untuk menekan perkembangannya. Pada masa-masa seperti ini BPJS Kesehatan sangat tanggap untuk berinovasi dalam upaya menekan perkembangan Covid-19. Jadi sekarang kalau mau screening Covid-19, pakai Mobile JKN saja," imbuhnya.

(hp)